Sejumlah ilmuwan yang melakukan pengeboran di Danau Vostok di Antartika

MOSKOW - Ilmuwan Rusia mengklaim telah menemukan jenis kehidupan baru.

Pekan lalu, Kantor berita RIA melaporkan jenis kehidupan tersebut telah terkunci selama jutaan tahun di lapisan es sebuah danau subglasial di Antartika. Lingkungan yang terisolasi tersebut meningkatkan kemungkinan adanya bentuk kehidupan mikrobial baru.

Setelah lebih dari satu dekade melakukan pengeboran yang tersendat-sendat, tahun lalu mereka berhasil menembus lapisan kerak beku. Tim juga berhasil mengebor lapisan es sedalam empat kilometer untuk menjangkau danau dan mengambil sampel. Para ilmuwan juga mengambil kembali sampel air dari Danau Vostok yang tidak pernah tersentuh manusia selama setidaknya 14 juta tahun karena terkubur di bawah es.

Ilmuwan mengatakan kegelapan es Danau Vostok di kedalaman 12.139 kaki mampu memberikan gambaran sekilas mengenai Bumi sebelum Zaman Es dan memberi petunjuk bagi kehidupan di planet lain.

"Setelah menyingkirkan semua zat kontaminasi, kami menemukan DNA bakteria yang tidak bisa dicocokkan dengan database spesies dari seluruh dunia," ujar Sergei Bulat dari Institut Fisika Nuklir St Petersburg.

Menurutnya jika bakteri tersebut ditemukan di Mars, hal itu menunjukkan pernah ada kehidupan di planet merah tersebut. Namun, karena ditemukan di Bumi, jenis bakteri itu belum teridentifikasi dan diklasifikasi.
(Sumber : www.republika.co.id)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Ada Organisme Asing Terkubur di Danau Bawah Antartika . Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih