CIMAHI - Harga bawang putih  dan bawang merah secara perlahan mulai turun disejumlah pasar tradisiomal di Kota Cimahi dan Wilayah Bandung Kulon, Kota Bandung. Harga bawang putih turun cukup signifikan, tetapi belum ke harga normal seperti semula. Sedangkan harga bawang merah hanya mengalami sedikit penurunan harga saja.
 
"Tiga hari lalu, saya membeli bawang putih Rp 70.000 satu kilogram dan bawang merah Rp 57.000 satu kilogram di Pasar Cijerah. Sekarang, Alhamdulillah sudah mulai turun, harga bawang putih Rp 40.000 satu kilogram. Sedangkan bawang merah Rp 50.000 satu kilogram," kata Ibu Ningsih, pemilik Warteg di Jalan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Rabu (20/3).
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun jabarprov.go.id dari sejumlah pedagang bawang di Pasar Tradisional Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Pasar Tradisional Cimindi, Pasar Tradisional Antri dan Pasar Tradisional Atas Kota Cimahi, harga bawang putih dan bawang merah, memang sudah mulai turun.
 
"Saya menjual harga bawang putih Rp 40.000 per kilo, sedangkan bawang merah Rp 55.000 per kilo.  Bawang putih yang saya jual ini katanya bawang impor. Sedangkan bawang merah dari Brebes,"  kata Sutarno, pedang bawang di Pasar Cijerah, Rabu (20/3).

"Kalau Bawang merah ini dari Sumenep harganya Rp 45.000 satu kilo," tambah Sutarno.
 
Iman, pedagang bawang di Pasar Cimindi, Tata, pedagang bawang di Pasar Antri dan Sukarni, pedagang bawang di Pasar Atas, Kota Cimahi, juga mengatakan bahwa harga bawang putih dan harga bawang merah sudah mulai turun. Harga bawang putih turun 30% dari harga tiga hari lalu, karena sudah mulai banyak bawang putih impor. Sedangkan harga bawang merah hanya turun antara Rp 2000 sampai Rp 5.000 per kilo karena masih bawang lokal.
 
Penurunan harga bawang tersebut, sedikit menggembirakan bagi ibu-ibu rumah tangga. Pasalnya, bawang merah dan bawang putih merupakan bahan baku hampir setiap masakan yang diolahnya di dapur. Sambel, sayur sop, sayur lodeh, goreng ikan, gule dan lain-lain, antara lain menggunakan bawang merah dan bawang putih.
 
"Saya mengharapkan harga bawang putih dan bawang merah kembali ke semula. Harga bawang putih antara Rp 25.000 sampai Rp 30.000 dan harga bawang merah Rp 20.000, paling mahal Rp 25.000 per kilo," kata Ningsih.

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Mulai Turun. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih