BANDUNG - Menyambut hari Ginjal Sedunia pada 14 Maret 2013 ini , Pemerintah Kota Bandung menyelenggarakan Seminar dan Sosialisasi Kesehatan Ginjal yang dibuka oleh Walikota Bandung Dada Rosada di Ruang Serbaguna Bermartabat ,Jl. Wastukenacana No.2, Kamis(14/3).

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung Nani Dada Rosada dan Ketua Yayasan Pembinaan Asuhan Bunda Sri Sudarsono dan beberapa nara sumber dari RS Ginjal Ny. R. Ainun Habiebie.

Dalam acara ini selain diadakan seminar kesehatan ginjal juga diberikan pengecekan darah untuk mengetahui kesehatan ginjal secara Cuma-Cuma bagi 100 orang anggota PKK yang hadir dalam acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Nani Dada Rosada menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kepala Rumah Sakit ginjal Ny. R. Ainun Habibie atas partisipasi dan kerjasamanya dengan Pemerintah Kota Bandung untuk mengadakan acara Seminar tersebut.

" Dengan adanya seminar kesehatan ginjal ini saya yakin akan sangat bermanfaat khususnya bagi para peserta seminar ini dan umumnya bagi masyarakat, karena nantinya para peserta seminar ini akan bisa menularkan ilmu yang didapat dalam seminar ini untuk penyuluhan-penyuluhan di daerahnya masing-masih," ungkap Nani.

Nani juga mengatakan bahwa selain secara preventif perlu juga diberikan lanjutan kegiatan yang bersifat kuratif atau dalam bentuk pelayanan secara langsung sehingga selain memberikan pengetahuan bagi masyarakat juga akan mendapatkan manfaat langsung pelayanan kesehatan yang diberikan.
           Dalam waktu yang sama Walikota Bandung Dada Rosada pun menyampaikan bahwa dengan adanya program seminar kesehatan seperti ini maka secara tidak langsung dapat memberikan kontribusi dalam akselerasi pembangunan Kota Bandung yang beracuan pada 7 Agenda Prioritas Pembangunan (7AP) dalam bidang kesehatan masyarakat.
            "Dari sekian banyak pemahaman mengenai kesehatan ginjal dan bahayanya , upaya yang paling realistis adalah menumbuhkan kesadaran setiap orang atau individu agar mampu merawat dan mencegah sejak dini melalui pembiasaan hidup sehat, " jelas Dada.
           
Lebih lanjut Dada juga mengingatkan bahwa bagaimanapun juga mencegah terkena penyakit jauh lebih mudah dan murah daripada mengobati dan merawat atau bisa disebut upaya-upaya rehabilitative dan kuratif.
           "Dengan membiasakan diri dengan berolah raga dan makan teratur serta yang paling penting ialah berpikir positif merupakan upaya yang jauh lebih mudah dilakukan dikala kita masih sehat daripada berusaha melakukan upaya rehabilitative dan kuratif pada saat kita sudah terserang penyakit, " ulas Dada.
           
Dada juga menghimbau bahwa mengadakan atau mengikuti seminar-seminar kesehatan seperti ini merupakan hal yang sangat penting dan berguna nantinya karena semua orang tidak tahu kapan dirinya akan terserang penyakit.
            "Harapannya kedepan setelah mengikuti seminar kesehatan ini maka peserta dapat menyebarluaskan pengetahuannya kepada keluarganya dan lebih luas kepada masyarakat dilingkungan kerjanya sehingga secara makro manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekeliling juga ," Pungkas Dada. (*)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Hari Ginjal Se-Dunia Tingkat Kota Bandung. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih