LEMBANG - Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Sudipo Handoyo, S.E secara resmi membuka Seminar Awal Pendidikan sebagai program Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-50 di Bangsal Srutasala, Selasa (19/3).  Seminar akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan (19-21 Maret 2012) yang menghadirkan dua pemrasaran Dr Jaleswari Pramodhawardhani dari LIPI dan Kol Tek Dr. Ir Gita Amperiawan, M.Sc., staf dari Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan.

Dalam sambutannya Danseskoau menyatakan Seminar Awal Pendidikan merupakan sarana Pasis menerapkan teori seminar yang benar juga wahana mengasah kreatifitas dan wawasan dalam memecahkan masalah-masalah  di dalam TNI Angkatan Udara.  Melalui Seminar Awal Pendidikan diharapkan Pasis dapat menghasilkan naskah yang berkualitas, dan bernilai strategis Pada sesi pertama Dr. Gita Amperiawan mengetengahkan judul "Pembinaan Industri Pertahanan untuk Mewujudkan Kekuatan Pokok Minimum TNI/TNI Angkatan Udara", menyoroti berbagai upaya dan kebijakan Kementerian Pertahanan dalam mendorong industri pertahanan yang ada di dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pokok minimum TNI maupun TNI Angkatan Udara.

Sedangkan Dr. Jaleswari Pramodawardhani mengetengahkan tema "Kemandirian Industri Pertahanan", membahas cetak biru, road map dan tahapan kemandirian industri pertahanan, pendanaan jangka panjang serta kerjasama regional. Ditambahkan juga dengan adanya Undang-undang Nomor 16/2012 tentang Industri Pertahanan maka eksistensi industri pertahanan dalam negeri telah terjamin, namun belum ada regulasi dalam hal segi-segi operasionalnya seperti koordinasi antarlembaga terkait juga keberadaan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) yang mungkin overlap dengan tugas Kemhan juga hal-hal mendesak lainnnya.

Seminar diisi dengan tanya jawab dengan peserta seminar yang terdiri dari pejabat, dosen dan Perwira Penuntun Seskoau serta undangan dari PT Aditech Matra, CMI Teknologi, PT Dian Deka Prawira dan PT LEN.  Usai pemaparan Danseskoau menyerahkan cinderamata dan sertifikat kepada para pemrasaran, demikian juga Pasis Seskoau Angkatan ke-50 juga memberikan cinderamata kepada pemrasaran.

Dalam rangka mewujudkan satu naskah Seminar Awal Pendidikan Pasis Seskoau Angkatan ke-50 yang berkualitas, dari 139 Pasis dibagi dalam empat kelompok yang melaksanakan diskusi panel di empat ruang berbeda.  Masing-masing kelompok dengan penilaian dan pembimbingan dari Perwira Penuntun berusaha membuat naskah terbaik, untuk kemudian naskahnya diadu dengan kelompok lain, agar pada akhirnya menghasilkan satu naskah seminar terbaik yang akan di sumbangkankepada TNI-AU. (*)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Industri Strategis Untuk Mewujudkan Kekuatan Pokok Pertahanan. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih