-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Klub Perpustakaan Indonesia Adakan Festival Mendongeng Nasional 2013

60menit.com
Rabu, 27 Maret 2013

JAKARTA - Mendongeng merupakan kebiasaan turun temurun oleh leluhur sebagai pengantar tidur anak. Dongeng selalu mengandung nilai keteladanan, kebaikan dan kejujuran. Untuk menumbuhkan kembali kebiasaan mendongeng, Klub Perpustakaan Indonesia (KPI) mengadakan Festival Mendongeng Nasional 2013.

Festival ini ditujukan bagi para guru/pustakawan TK/RA, PAUD, SD, dan yang setara komunitas pecinta buku dan penulis cerita/dongeng anak, yang berusia 20 sampai dengan 35 tahun. Setiap peserta menyerahkan naskah dongeng hasil karyanya kepada panitia beserta biodata pribadi. Formulir biodata peserta dan leaflet festival ini dapat diunduh www.kemdikbud.go.id .

Peserta yang dapat mengikuti festival ini adalah peserta yang belum pernah berprofesi sebagai pendongeng dan atau menjadi pemenang lomba mendongeng. Naskah dan biodata peserta diterima panitia paling lambat 26 April 2013. Naskah dilampiri perangko yang masih berlaku senilai @ Rp3.000,- sebanyak 20 lembar per peserta, atau uang pengganti perangko senilai Rp60.000 jika naskah dan biodata dikirim melalui e-mail.

Naskah dongeng yang diikutsertakan merupakan hasil karya tulis peserta. Naskah dapat berbentuk saduran dari buku cerita tentang Indonesia, karya penulis Indonesia, atau berlatar belakang budaya Indonesia. Naskah wajib mengandung nilai-nilai yang bersifat nasionalis, heroik, religius, atau humanis. Naskah diketik pada kertas ukuran folio maksimal dua halaman dengan ukuran huruf 12 pt, spasi 1,5. Dan jika naskah yang dibuat merupakan saduran, maka wajib dicantumkan sumber dan penulisnya.

Setelah penilaian naskah, juri akan menentukan 15 finalis. Para finalis tersebut akan dipanggil ke Jakarta pada 27-30 Mei 2013 untuk mengikuti acara final. 100 orang pertama yang mengirim naskah dongeng, akan diundang menghadiri seminar dan workshop tentang penulisan cerita anak dan mendongeng pada 28 Mei 2013 secara cuma-cuma. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 30 Mei 2013. Penghargaan kepada pemenang berupa piagam, uang, dan hadiah lain dari sponsor. (AR)

Alamat Panitia:

d.a Klub Perpustakaan Indonesia
Jl. Bendi Utama No. 3 Tanah Kusir
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12240
Telp. (021) 72794739, 98173480
e-mail: kpi@indo.net.id