JAKARTA - Tingkat kerjasama di tingkat regional sudah sangat meningkat dalam beberapa dekade terakhir ini, namun upaya lebih serius untuk meningkatkannya masih perlu dilakukan untuk menghadapi tantangan dan ancaman terhadap stabilitas dan perdamaian di kawasan. Ancaman tradisional masih ada di kawasan Asia Pasifik seperti terorisme, proliferasi nuklir, isu maritim dan isu perbatasan.

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro saat menyampaikan sambutan penutupan kegiatan forum Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) 2013, Kamis Sore (21/3) di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Lebih lanjut Menhan mengatakan, selain masih adanya ancaman tradisional, ancaman keamanan non trasdisional seperti serangan cyber juga menjadi salah menjadi tantangan bersama yang lebih relevan. Selain itu, perubahan iklim, air dan kelangkaan makanan, dan sumber daya alam, semuanya memerlukan strategi kerjasama jangka panjang, tidak hanya untuk kalangan antar negara tetapi juga dengan bisnis dan organisasi masyarakat sipil.

Forum JIDD 2013 berlangsung selama dua hari dan dihadiri pejabat pemerintah, militer, para ahli dalam bidang militer dan pertahanan dari berbagai negara untuk secara informal mendiskusikan berbagai isu yang berkembang di bidang pertahanan dan keamanan di kawasan saat ini.

Sebelum menutup forum JIDD 2013, Menhan RI menyampaikan penghargaan kepada seluruh pembicara, moderator dan para peserta. Ucapan terimakasih dan penghargaan juga disampaikan kepada penyelenggara dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan JIDD 2013.

Penyelenggaraan Forum JIDD kali yang merupakan penyelenggaan ketiga kalinya oleh Kementerian Pertahanan RI dalam rangka memperingati HUT Universitas Pertahanan Indonesia ke-4 telah diselenggarakan dengan sukses dengan menghadirkan sejumlah pembicara penting yang teridiri dari para pejabat senior pertahanan dan militer serta pejabat pembuat kebijakan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Hadir antara lain Menhan Singapura Ng Eng Hen, Menlu Indonesia Marty Natalegawa, Menhan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi, Wamenhan China Lieut. Gen. Qi Jianguo, Deputy Secretary of Defense, US Department of Defense Asthon Carter, Secretary General For Defence Policy, Ministry of Defense, Spain Alejandro Enrique Alvarogonzalez San Martin, Deputy Minister of Defense, Brunei Darussalam Dato Paduka Haji Mustappa bin Haji Sirat, Minister of Defense, Pakistan Syed Naveed Qamar, Deputy Chairman of Joint Chief of Staff, Republic of Korea Air Marshal Lee Yeong Man.

Selama rangkaian kegiatan dialog, juga berlangsung The Asia-Pacific Security & Defense Expo (APSDEX) yaitu pameran dan konferensi yang bertujuan untuk mempromosikan dan menjalin kerjasama di bidang industri khususnya industri pertahanan dan keamanan.

Selain itu, kegiatan Forum JIDD ini juga memberikan kesempatan adanya pertemuan bilateral antara Indonesia dengan negara delegasi maupun antara delegasi satu negara dengan delegasi negara yang lain. Kemhan RI selaku tuan rumah melalui Menhan, Wamenhan dan Sekjen Kemhan RI telah mengadakan sejumlah pertemuan bilateral dengan para perwakilan delegasi dengan negara – negara sahabat guna membicarakan berbagai kemungkinan untuk meningkatkan dan mempererat hubungan kerjasama pertahanan. (LY)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Menhan RI: Perlu Upaya Serius Tingkatkan Kerjasama Regional Untuk Hadapi Tantangan Stabilitas dan Perdamaian di Kawasan. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih