-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Surban Berusia 700 Tahun Milik Teungku Di Ujung Diperlihatkan Ke Publik

60menit.com
Sabtu, 16 Maret 2013

SIMEULUE - Surban kain berusia 700 tahun milik Tengku di Ujung Halilullah, seorang ulama besar di Pulau Simeulue diperlihatkan kepada masyarakat umum.

Tiga orang keturunan Tengku di Ujung tersebut, yakni Asydarmansyah Mas, Syawal dan M Yusri, memperlihatkan surban tersebut. Kejadian itu berlangsung di Makam Tengku Diujung, Gampong Lataayah, Kecamatan Simeulue Cut, Kabupaten Simeulue. Surban itu kini telah berwarna putih kekuning-kuningan dan telah robek sebagian.

"Hari ini kita perlihatkan kepada publik, inilah surban Tengku di Ujung yang telah berusia 700 tahun. Hingga saat ini kami jaga sebaik mungkin. Masih ada lagi yang lain seperti tombak dan cerek air minum," ujar salah seorang keturunan Tengku di Ujung tersebut.

Mereka menambahkan, seluruh peninggalan ulama tersebut masih di simpan dengan utuh. Peninggalan tersebut siap digunakan untuk kepentingan sejarah, pendidikan dan budaya pengislaman masyarakat Pulau Simeulue.

Namun sejauh ini, pihak Pemerintah Kabupaten Simeulue belum melakukan upaya pelestarian barang berharga tersebut. Kecuali hanya pemugaran areal dan makam Tengku di Ujung, isteri dan Puteri Meulue.

"Meskipun kurang mendapat perhatian dari pemerintah, kita keluarga besar siap memperlihatkan kepada publik. Terutama untuk kepentingan sejarah, pendidikan dan budaya," ujar Asdarmansyah via telpon selulernya.

Belum diketahui secara pasti pada tahun berapa Tengku di Ujung hidup. Dari beberapa referensi di Simeulue, Tengku di Ujung adalah seorang ulama dari Minangkabau. Pada masa Iskandar Muda memerintah kerajaan Aceh Darussalah, Tengku di Ujong dari Minangkabau hendak berlayar menunaikan ibadah haji.

Pada saat itu Iskandar Muda meminta kepada Tengku di Ujong untuk singgah di Simeulue dan memberikan syiar Islam di pulau tersebut. Tengku di Ujong adalah ulama yang menyiarkan Islam di pulau Simeulue.[MON]