SIMEULUE -  Peneliti asal Negara Jepang, Yoko Takafu, MBA, meneliti legenda Smong di Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh Indonesia

Yoko Takafu merupakan salah satu peneliti di Rikko University, Pusat Kajian Wilayah Asia, Yokohama Jepang.
Menurut keterangan Yoko Takafu, penelitiannya sebagai bekal referensi yang dipastikan akan dipraktekkan di Negara Matahari Terbit.

"Jepang sangat tertarik dengan cerita Smong di Kabupaten Simeulue yang telah membudaya dan bisa terhindar dari Tsunami. Maka kita melakukan penelitian di sini, meskipun di Jepang memiliki peralatan canggih pendeteksi gempa bumi dan tsunami," ujarnya saat ditemui.

Yoko Tafu mengaharapkan supaya kearifan lokal "Smong" yang dimiliki warga Kabupaten Simeulue lebih terpelihara di masa yang akan datang. Karena, kata dia, seperti diketahui bahwa pada bencana alam 2004 lalu, tidak adanya korban jiwa karena gelombang tsunami di Kabupaten Simeulue.

"Tradisi ini harus dipelihara terus menerus dan menjadi contoh bagi dunia luar. Dari hasil penelitian ini, akan menjadi referensi dan di adopsi di Jepang maupun negara lainnya," ujar dia, seraya menambahkan gempa bumi dan Tsunami di Jepang beberapa tahun lalu, telah merenggut nyawa kurang lebih 24 jiwa.[MON].

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Yoko Takafu, MBA, Meneliti Legenda Smong Di Simeulue. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih