Home » » Asal usul Sulawesi

Asal usul Sulawesi

By Enampuluh Menit Hari Kamis, 04 April 2013 | 13.17

SULAWESI adalah nama sebuah pulau yang berada di tengah-tengah Indonesia. Bentuknya cukup unik, hampir sama denga huruf K dan dilalui oleh garis meridian 120 derajat Bujur Timur, dan juga terhampar dari belahan bumi utara sampai selatan. Menurut wikipedia, nama Sulawesi kemungkinan berasal dari kata 'Sula' yang berarti pulau dan 'besi' yang menurutnya banyak ditemukan di sekitar Danau Matana. Pada dokumen dan peta lama, pulau ini dituliskan dengan nama 'Celebes'. Hikayat asal usul nama 'Celebes' dalam Bahasa Bugis…

Wettu rioloE, wettu pammulanna engka to macellaE gemme'na, no pole lopinna ri birittasi'E, lokka i makkutana ko to kampongE. To kampong E wettunna ro, na mapparakai lopinna, masolang ngi engsele'na. Na wettunna makkutana i to macella'E gemme'na, to kampong E de' na pahang ngi, aga hatu na pau. Kira-kira pakkutanana yaro to macella'E gemme'na, mappakkoi: "Desculpar-me, qual é o nome deste local?" Yero to kampongE, naaseng ngi kapang, "agatu ta katenning?". Mabbeli adani to kampongE, "Sele'bessi". Pole mappakoni ro, na saba' asenna 'Celebes'.

Terjemahan bebas: Pada waktu lampau, pada saat pertama kali rombongan orang yang berambut merah turun dari perahu dan menghampiri penduduk setempat yang sedang bekerja membuat perahu. Pimpinan rombongan tersebut bertanya mungkin dalam bahasa Portugis yang tidak dimengerti, mungkin bertanya 'Apa nama tempat ini?' Penduduk yang ditanyai, karena tidak paham, hanya mengira-ngira mungkin dia ditanya benda apa yang sedang dia pegang? Dengan spontan penduduk tersebut menjawab 'Sele'bessi' yang artinya engsel besi. Sejak saat itu, pimpinan orang yang berambut merah mencatat lokasi yang mereka datangi bernama daerah 'Celebes'.

Salah satu ekspedisi ilmiah dunia terkait dengan Sulawesi dilakukan oleh Alfred Russel Wallace yang mengemukakan suatu garis pembatas tentang flora dan fauna yang ada di Indonesia. Juga ekspedisi Snellius (Universitas Leiden) yang mempelajari tentang kondisi bawah permukaan sekitar Sulawesi sampai ke Maluku. Kedua ekspedisi ilmiah pada zaman tersebut menggunakan nama 'Celebes'.

Yang menarik adalah masyarakat lokal pada waktu itu belum menyadari untuk memberikan nama ke pulau tempat mereka berdiam. Sehingga untuk hal ini, Celebes merupakan eksonim untuk pulau yang nyaris berbentuk huruf K ini. Dari Celebes ini kemudian berevolusi menjadi 'Sulawesi' yang menjadi endonim sampai saat ini.
............................................................................................................................
Pada lambang daerah Sulawesi Selatan ada tulisan lontara berbahasa Makassar.

Tertulis: "Kualleangi Tallanga Natowalia" dibawah gambar perahu khas Phinisi
Lalu diterjemahkan bebas menjadi : "Sekali Layar Terkembang Pantang Biduk Surut Ke Pantai"

Namun arti sebenarnya kata "Kualleangi Tallanga Natowalia" adalah "Lebih Kupilih Tenggelam (di lautan) daripada Harus Kembali Lagi (ke pantai)".

Sulawesi sendiri dulu disebut Celebes oleh Belanda. konon berasal dari kata Sele' Bessi (badik besi - bahasa bugis).

Konon dahulu waktu orang Portugis datang, dia bertemu dengan seorang pribumi yang sedang attompang sele' alias badik (merawat badik dengan menggunakan jerus nipis)*.

Ketika itu orang Belanda bertanya: "Apa nama daerah ini?"
Tapi karena bahasanya kurang nyambung, pribumi yg ditanya mengira dia ditanya "apa nama benda yg kamu pegang itu?"
Maka dengan enteng Sang Pribumi menjawab: "Sele' Bessi"

Nah... dari kata Sele' Bessi inilah terbentuk kata Celebes alias Sulawesi...
,...........................................................................................................................
Dulu ada Pelaut Portugis yang Singgah di Makassar dan Menemui Raja Gowa untuk meminta Izin berlayar sekaligus menanyakan nama Daerah ini, tetapi pada saat orang Portugis itu Menghadap ke Hadapan Raja, Raja sedang Membersihkan Sele'nya (Kerisnya), Nah pada saat itu Orang Portugis Bertanya kepada Sang Raja dengan bahasa Portugis bahwa daerah ini namanya Apa???, karena Sang Raja tidak mengerti Bahasa Portugis, maka sang Raja hanya Memperkirakan arti pertanyaan itu, Sang Raja memperkirakan bahwa orang Portugis ini sedang mempertanyakan apa nama Benda yang ada di Tangan Sang Raja, maka Sang Raja pun menjawabnya dengan SELE' BASSI. singkat cerita Orang Portugis ini pun mencatat nama SELE' BASSI itu untuk menamai daerah kita, dan mereka lebih mudah menyebut SELE' BASSI dengan sebutan CELEBES.


Share this article :

Kirim Komentar

Jangan Lupa Yaaa Like Dulu Halaman Facebooknya

Panduan lengkap belajar SEO

Panduan lengkap belajar SEO (Search Engine Optimization – Optimalisasi Mesin Pencari) mulai dari A sampai Z. Menyeluruh, terurut, dan lengkap.

Target pembaca: pemula sampai menengah, tapi tentu tidak tertutup juga bagi para pelaku SEO yang merasa dirinya master dan tentu siapapun yang ingin mendalami dan memahami seluk beluk dunia SEO. [More]



Mau Kirim Artikel ?

Email Aja ke : redaksi@60menit.com




 
Copyright © 2013. 60Menit.com - All Rights Reserved
Template design by Mastemplate