Home » , » Khasiat Buah Pepaya

Khasiat Buah Pepaya

By Enampuluh Menit Hari Senin, 29 April 2013 | 10.34

gambar Buah Pepaya

Buah pepaya ternyata memiliki banyak kandungan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, namun hampir dari seluruh bagian dari pohon pepaya dapat dimanfaaatkan. Mulai dari akar, batang, daun, buah, kulit pohon, bahkan getahnya mempunyai khasiat yang berguna bagi tubuh. Buah pepaya juga kaya akan kandungan penting seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, dan serat.

Manfaat buah pepaya:

  • Obat pencernaan, enzim pengurai protein pepaya, dapat membanru pencernaan dalam tubuh. Selain membantu pengeluaran dalam saluran usus dan pankreas, pepaya juga mengurangi getah lambung dan mengurai protein serta pati. Sehingga setelah mengonsumsi buah ini, sistem pencernaan tubuh akan semakin baik.
  • Antibodi, pepaya mengandung karoten dan vitaminC. dengan dua zat tersebut, pepaya berkemampuan sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain itu, pepaya dapat memperbaiki jaringan dan menetralisir racun yang masuk. Sehingga dapat mencegah dan mengobati beberapa virus akut seperti pneumonia atau radang paru-paru.
  • Obat luka bakar, getah buah pepaya mampu membunuh bakteri dalam luka bakar. Sehingga, kandungan zat asam atau nitrogen akibat perkembangbiakan bakteri dapat dihambat. Jadi dapat mempercepat proses pemulihan luka yang kita alami.
  • Mengencangkan payudara, buah pepaya sejak dulu oleh nenek moyang kita dipercaya sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormn pengencang serta vitamin A yang merangsang indung telur mengeluarkan hormon betina. Dari hormon tersebut, kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.
  • Pelangsing tubuh, pepaya juga berkhasiat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Enzim tersebutlah yang berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim ini juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.
  • Awet muda, kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipat dari buah apel. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Buah pepaya juga melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul di pori-pori, sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Oleh karena itu mulai sekarang rajin-rajinlah membuat masker dari buah pepaya.

Beberapa resep pengobatan tradisional yang memanfaatkan pepaya di antaranya:

  • Gangguan pencernaan. Caranya, makan buah pepaya yang masak sebagai pencuci mulut, terutama setelah makan makanan berat karena pepaya membantu pencernaan protein.
  • Jerawat. Caranya, ambil 3 sendom makan buah pepaya masak yang sudah dihancurkan, campurkan dengan 1 sendok makan sari jeruk kasturi. Tempelkan campuran itu pada muka setiap selesai mencuci muka dengan air hangat. Jika tahan, biarkan semalaman.
  • Panu. Caranya, ambil dua helai daun pepaya dan satu sendok makan belerang yang sudah ditumbuk halus. Lumatkan daun hingga halus lalu campurkan dengan belerang. Beri sedikit minyak tanah, lalu oleskan pada tubuh yang terkena panu sebanyak tiga kali sehari.
  • Menghaluskan tumit. Caranya, ambil buah pepaya yang masih muda, belah menjadi 3 bagian, lalu pada bagian ujungnya yang mengeluarkan getah dioleskan pada kaki yang pecah-pecah. Lakukan setiap pagi dan sore hari.
  • Melancarkan air susu. Caranya, ambil beberapa daun pepaya, cuci dan rebus. Dapat dicampur dengan daun kecipir atau ketela jika diinginkan. Makan sebagai kulupan secara teratur.
  • Mengencangkan / menyempitkan vagina. Caranya, ambil daun pepaya yang masih muda, lalu cuci dan rebus. Makan sebagai lalapan setiap hari secara teratur.

(source:http://khasiatbuah.com/buah-pepaya.htm)
Share this article :

Kirim Komentar

Jangan Lupa Yaaa Like Dulu Halaman Facebooknya

Panduan lengkap belajar SEO

Panduan lengkap belajar SEO (Search Engine Optimization – Optimalisasi Mesin Pencari) mulai dari A sampai Z. Menyeluruh, terurut, dan lengkap.

Target pembaca: pemula sampai menengah, tapi tentu tidak tertutup juga bagi para pelaku SEO yang merasa dirinya master dan tentu siapapun yang ingin mendalami dan memahami seluk beluk dunia SEO. [More]



Mau Kirim Artikel ?

Email Aja ke : redaksi@60menit.com




 
Copyright © 2013. 60Menit.com - All Rights Reserved
Template design by Mastemplate