-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


5 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

60menit.com
Kamis, 09 Mei 2013

Cara mengatasi rambut kering tidak harus pergi ke salon dan menghabiskan banyak uang. Selain menghabiskan banyak uang, rambut Anda kemungkinan besar akan semakin rusak. Hal ini di sebabkan karena perawatan di salon cenderung menggunakan bahan-bahan kimia dan alat pengering yang justru bisa membuat rambut semakin stres.

Agar rambut Anda bisa kembali normal seperti sedia kala, ada beberapa cara mengatasi rambut kering secara alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Tapi sebelum membahas lebih lanjut, baiknya Anda ketahui beberapa penyebab rambut kering dan bercabang berikut ini :
cara mengatasi rambut kering secara alami
Ilustrasi Rambut Kering/Ist
  • Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama.
  • Mengucak rambut terlalu lama pada saat mengeringkan rambut menggunakan handuk setelah selesai keramas.
  • Menggunakan jenis sisir yang terlalu rapat.
  • Menggunakan berbagai macam obat juga dapat merusak rambut.
  • Terlalu sering pergi kesalon merawat rambut juga dapat menyebabkan rambut rontok, dimana salon cenderung menggunakan bahan-bahan kimia.Nah, untuk mengatasi rambut Anda yang sudah terlanjur kering dan bercabang, gunakan cara mengatasi rambut kering secara alami berikut ini:
1. Mengurangi Penggunaan Alat Penata Rambut
Sisir dan alat pengering rambut merupakan alat penata rambut yang tidak bisa dihindari saat ini. Namun penggunaanya yang terlalu sering justru membuat rambut semakin kering dan bercabang. Sisir misalnya, sisir yang memiliki gigi yang terlalu rapat justru membuat rambut semakin bercabang karena terjadi gesekan yang terlalu keras dengan rambut.

Cara mengatasi rambut kering adalah dengan mengganti sisir Anda dengan sisir yang memiliki gigi yang sedikit renggang. Dengan demikian maka setidaknya rambut Anda tidak mengalami tingkat stres yang terlalu tinggi.

Menghentikan penggunaan hair dryer juga merupakan salah satu cara mengatasi rambut kering berikutnya. Tingkat panasnya yang terlalu tinggi justru dapat membuat rambut semakin kering dan bercabang. Menghentikan kebiasaan ini memang akan sulit, namun jika Anda benar-benar ingin menghentikan rambut kering yang sedang Anda alami, maka hal ini harus Anda lakukan.

2. Melepaskan Ikatan Rambut Saat Tidur
Cara mengatasi rambut kering berikutnya adalah dengan melepaskan ikatan rambut saat sedang tidur. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada rambut untuk bernanfas setelah seharian di ikat. Banyak orang tidak menyadari hal ini dan tidur dengan keadaan rambut terikat.

3. Jangan Terlalu Sering Keramas
Bagi orang yang memiliki kulit kepala yang terlalu banyak minyak, keramas setiap hari mungkin tidak jadi maslah. Sebaliknya, bagi orang yang memiliki rambut kering, keramas setiap hari merupakan cara yang salah karena justru akan mengurangi kelembaban kulit kepala. Hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah keramas minimal 2 hari sekali.

4. Jangan Menggunakan Air Hangat Untuk Keramas
Cara mengatasi rambut kering berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah mengurangi penggunaan air hangat saat keramas. Seperti di ketahui bahwa terlalu sering keramas menggunakan air hangat justru dapat merusak rambut. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan air hangat akan sulit menghilangkan kebiasaan ini, namun jika Anda memikirkan manfaatnya, saya yakin Anda bisa.

5. Menggunakan Kondisioner Sesuai Jenis Rambut
Cara mengatasi rambut kering berikutnya adalah dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner sendiri berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut. Kondisioner bisa digunakan setelah selesai keramas. Gunakan kondisioner yang tepat dan sesuai dengan jenis rambut Anda agar rambut tidak semakin rusak.

Selain 5 cara mengatasi rambut kering diatas, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan-bahan alami yang ada disekitar kita untuk mengatasi rambut kering Anda. Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering :

A. Madu
Siapa yang tidak kenal madu, minuman obat berkhasiat ini ternyata juga bagus untuk menjaga kelembaban rambut yang kering. Tidak heran jika saat ini banyak produsen shampo yang memanfaatkan madu sebagai salah satu bahan pembuat shampo.

B. Buah Alpukat
Cara mengatasi rambut kering berikutnya adalah menggunakan buah alpukat. Selain rasanya enak, alpukat juga dikenal sangat baik sebagai pelembab untuk rambut kering dan becabang. Caranya, cukup oleskan alpukat yang sudah di hancurkan dengan campuran sedikit santan kelapa pada kulit kepala. Biarkan hingga beberapa menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

C. Minyak Zaitun
Menggunakan minyak zaitun adalah salah satu cara mengatasi rambut kering. Kandungan vitamin E dan antioksidannya di percaya dapat melembabkan rambut kering dan bercabang. Cara penggunaannya, olehkan pada kulit kepala sambil di pijat selama kurang lebih 30 menit, setelah itu keramas menggunakan air dingin.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut kering secara alami tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke salon. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan rambut kering. Salam

(Source:http://www.kesehatan22.com/2013/02/5-cara-mengatasi-rambut-kering.html)