-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Jabar Siap Pacu Peningkatan Produksi Kedelai

60menit.com
Senin, 02 September 2013

BANDUNG - Diakui jumlah produksi kedelai di Jabar, masih belum memenuhi kebutuhan. Menyikapi kondisi tersebut, kini sudah disiapkan langkah-langkah untuk memacu peningkatan produksi kedelai, ungkap Kadis Pertan Jabar, Diden Tresnadi akhir pekan ini.

Diden, lebih lanjut memaparkan perhatian untuk memacu peninngkatan produksi kedelai juga direspon oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian. Kini, Pemerintah atas masalah kurangnya minat petani untuk menanam kedelai, telah mengeluarkan kebijakan yaitu menetapkan Harga Pembelian dan Penjualan (HPP) kedelai sebesar Rp.7.000,- per Kg.

Dengan ditetapkannya HPP kedelai sebesar Rp.7.000,- per Kg, petani di Jabar mulai senang untuk menanam kedelai sehingga diharapkan dengan kebijakan tersebut di sentra-sentra penanaman kedelai seperti Garut dapat memacu peningkatan produksi kedelai.

Diakui dalam tahun 2013, melalui dana yang bersumber dari APBN, di Jabar telah disiapkan program penanaman kedelai, diarea seluas 129.000 Ha.Dalam program tersebut, juga disiapkan fasilitasi bibit kedelai.

Namun, rencana tersebut gagal karena lelang kegiatan tidak bisa selesai dilaksanakan pada awal Pebruari 2013. Dengan lelang yang terlambat berdampak pada tidak dapat dilaksanakan penanaman kedelai karena waktu tanam untuk kedelai harus dilaksanakan pada Pebruari 2013.

Menyikapi kondisi tersebut, melalui usulan dalam APBD Perubahan tahun 2013, diusulkan bantuan bibit untuk kedelai. Jika rencana ini disetujui, ujar Diden penanaman kedelai akan dilaksanakan di area seluas 100.000 Ha. (Ly/Jbr)