-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pejabat Pemkot Bandung Ziarah ke Makam Pendiri Bandung

60menit.com
Rabu, 25 September 2013



BANDUNG - Dalam Rangkaian Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-203, Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil didampingi Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, sejumlah Pejabat Publik Pemerintah Kota Bandung serta anggota Yayasan Sajarah Timanganten Bandung, melakukan ziarah ke makam para leluhur dan pendiri Bandung, Selasa (24/09/2013)

Rombongan tersebut berangkat dari pendopo kota Bandung, Jl. Dalem Kaum Bandung sekitar pukul 7.00 WIB menuju belakang Mesjid Raya Bandung Prov. Jabar, tempat makam Bupati Bandung ke-6 (1794 – 1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah VI (Dalem Kaum) sebagai salah satu pendiri Kota Bandung.

Rombongan melanjutkan ziarah ke situs makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar, R.H.A.A Wiranatakusumah, makam Bupati Bandung pertama Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641 -1709) yang bersebelahan dengan Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Dikatakan Ridwan selaku pimpinan rombongan mengatakan kegiatan tersebut sebagai penghormatan di Hari Jadi Kota Bandung, "Hari ini kita berziarah ke makam para leluhur Bandung, karena sejarah Bandung ini sangat luar biasa mulai Wiranatakusuma I yang menjadi Bupati Dayeuh Kolot dan anaknya Wiranatakusuma II yang menjadikan Bandung modern, sebagai warga negara yang baik kita tidak boleh melupakan sejarah, kalau Soekarno bilang "Jas Merah", jangan sekali-kali melupakan sejarah, dengan begitu kita paham bahwa banyak orang-orang hebat luar biasa yang dengan kehormatannya membangun mendirikan kota bandung,".

Lebih lanjut dikatakannya jika kita menghormati para pendahulu kita maka generasi di masa depan akan menghormati generasi kita saat ini, "Oleh karena itu kita ambil hikmahnya sebagai generasi paling baru yang memimpin kota bandung sebagai penghormatan tebaik pada para pendiri pendahulu Bandung adalah mewujudkan cita-citanya membangun kota jauh lebih mulia bermartabat dengan cara-cara baru," katanya

Ridwan berpesan, kita dapat seperti hidup ini karena usaha dan ikhtiar para pendiri kita, sama halnya di masa depan anak cucu kita dapat menikmati Bandung yang lebih baik karena usaha dan ikhtiar kita di generasi sekarang.

Selanjutnya setelah melakukan ziarah di Situs Makam Karang Anyar, rombongan melanjutkan ziarah ke Dayeuh Kolot, makam Bupati Bandung kedua, Rd. Ardikusumah yang terkenal dengan nama Demang Timbanganten (1681-1704) dan Makam Raden Tumenggung Anggadiredja I yang dikenal Dalem Gordah (1704-1747) di Kabupaten Garut.

Ziarah kubur makam para leluhur Bandung, diisi dengan tabur bunga dan pengiriman doa bagi arwah leluhur Bandung, serta pemberian sembako kepada penjaga makam, dalam kesempatan itu Ridwan berjanji akan memperbaiki akses masuk ke makam leluhur bandung yang di Jalan Dalem Kaum.

Berikan Bunga di Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-203

Mengenai perayaan HJKB ke-203 Ridwan sengaja tidak merayakannya dengan gebyar, Wali Kota Bandung menginginkan lebih banyak renungan untuk menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi Kota Bandung saat ini.

"Apa juga yang harus dirayakan sementara masih banyak masalah yang harus segera diselesaikan, refleksi di 2013 ini kita rayakan ulang tahun bandung dengan merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai dan makna, karena pekerjaan rumah kita masih sangat banyak," terangnya

Orang nomor satu di Kota Bandung itu menginginkan penggunaan biaya seminimal mungkin dalam memperingati ulang tahun kali ini, "Kali ini hanya memberikan bunga, selain kita membantu petani bunga kita kembalikan konsep simbolis bandung kota kembang, gesture secara emosional merupakan tanda cinta dari pelayan masyarakat kepada warganya,".

"Kita akan memulai lembaran baru, seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kita Bandung pada malam minggu ini akan memberikan bunga secara langsung pada warga bandung sebagai tanda cinta, dari mulai kelurahan sampai Wali Kota akan turun berikan bunga di seluruh jalan di Kota Bandung, setelah itu kita akan bekerja keras memulai Bandung baru ke arah positif dan besar," papar Ridwan

Tema HJKB kali ini adalah dengan semangat hari jadi ke-203 Kota Bandung, kita wujudkan bandung juara dengan bekerja keras, cerdas, tuntas, dan ikhlas. (LY)