-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Warga Adat Papua Temui Walikota

60menit.com
Rabu, 25 September 2013

BANDUNG - Di sela berbagai aktivitasnya Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil menerima Komunitas Masyarakat Papua di ruang tengah Balai Kota Bandung, Jl. Wastukancana No. 2, Sabtu Sore (22/09/2013)

Komunitas Warga Papua ini merupakan tamu yang pertama kali di terima Ridwan di kantornya secara resmi pasca pengangkatan menjadi Wali Kota Bandung tanggal 16 September lalu.

Ditengah sambutannya Ridwan mengatakan hanya melalui pendidikanlah suatu daerah bisa lebih maju, ia pun mempersilahkan siapapun yang akan menimba ilmu di Kota Bandung, "tolong jika ada yang mau bersekolah disini hubungi saya, untuk pelajar Papua kita akan fasilitasi jika ada asramanya yang bocor ya kita perbaiki," katanya

Ridwan berharap kerjasama ini jangan hanya jangka pendek tetapi tetap berlangsung dalam jangka panjang.

"Untuk membangun silahkan dari papua datang kemari, atau sebaliknya jika ada yang butuh orang bandung untuk membangun papua, kita akan bantu karena Bandung adalah gudangnya para pemikir dan pembangun," kata Ridwan

Narasumber dari Kementrian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Lenis Kogoya, "Ini merupakan angin segar bagi masyarakat papua, kita dengan tangan terbuka di terima, Wali Kota di Bandung bisa menjadi contoh cinta yang diberikan bagi warga papua," ucapnya

Lebih lanjut dikatakan ketua dari Lembaga Masyarakat Adat Provinsi Papua itu, "Atas nama seluruh masyarakat papua, untuk membangun kita pertama harus membangun manusia dulu, melalui pendidikan, dari Kota Bandung kita bisa bawa dibina menjadi manusia berkualitas," ujar lenis.

Diperlukan dibangunnya bhineka tunggal ika,  dikatakan Lenis, "Saya membawa anak anak ini untuk disekolahkan di Bandung, untuk merekatkan bisa ada pertukaran untuk mendekatkan indonesia, apabila perlu pegawai negeri sana bekerja disini atau sebaliknya, di Papua kita butuhkan kemerdekaan secara kesejahteraan, kita butuh bantuan langsung bukan bantuan dari tangan ketangan,"

Menanggapi hal tersebut, Ridwan menawarkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemkot bandung atau dari Provinsi Papua untuk saling bertukar tempat, "Saya persilahkan semua orang bersekolah disini pada prinsipnya siapapun adalah saudara, kita tawarkan 10 PNS terbaik Kota Bandung untuk dipilih," katanya

Dikatakan Ridwan dirinya terpanggil menjadi Wali Kota Bandung hanya semata kecintaannya pada kota kelahirannya, ia menginginkan kecintaannya bukan hanya menyebar di Bandung saja bahkan sampai Papua.

"Cinta itu ada tiga, kecintaan pada tuhan, kecintaan terhadap manusia seperti pada istri dan anak, terakhir kecintaan terhadap tanah kelahirannya, tidak ada yang abadi kecuali perubahan, siapapun yang ingin menjadi pemenang harus bisa mengikuti perubahan," pungkasnya. (LY/)