BANDUNG - Sebanyak 755 anggota Satwankar (satuan relawan kebakaran) Kota Bandung mendapatkan bimbingan teknis mengenai penanggulangan dan pencegahan kebakaran, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi satwankar. Anggota satwankar tersebut akan mendapatkan pelatihan selama satu hari. Anggota satwankar yang hari ini, mendapatkan pelatihan merupakan sebagian dari 2.265 anggota satwankar yang tersebar di 30 Kecamatan dan 151 kelurahan yang ada di Kota Bandung.

Menurut Kepala Dinas Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, pelatihan yang dilakukan sehari tersebut diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang terlatih dalam menanggulangi kebakaran.

Lebih lanjut dikatakannya, materi dari bintek tersebut sesuai dengan tupoksi satwankar, bagaimana teori penyelamatan, atau dapat dengan cepat memberikan informasi kepada petugas mengenai kebakaran.

 "Kedepannya diharapkan masyarakat dapat lebih partisipatif  lagi dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran, karena masalah kebakaran bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja," jelasnya.

Diakui oleh Hikmat Ginanjar, belum semua anggota satwankar yang mendapatkan pelatihan, anggota satwankar yang belum mendapatkan pelatihan, akan di berikan pada waktu pelatihan berikutnya.

Sementara itu menurut Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil, seusai membuka pelatihan, mengatakan bahwa satwankar tersebut menambah relawan-relawan yang sudah ada di Kota Bandung, seperti relawan gemar mari disiplin, relawan biopori, lingkungan, dan relawan beberesih Bandung.

Wali Kota juga mengatakan bahwa Satwankar tersebut merupakan ujung tombak bila terjadi kebakaran di masyarakat. "Mereka adalah ujung tombak apabila terjadi kebakaran di masyarakat," jelasnya.

Ridwan Kamil juga menghimbau agar di setiap rumah memiliki alat pemadam ringan, untuk berjaga-jaga apabila ada kebakaran.

Pemerintah Kota Bandung juga menurut Ridwan Kamil, mempunyai nomor 113 yang bisa digunakan apabila ada informasi mengenai kebakaran. Tetapi dirinya mengingatkan agar nomor tersebut jangan disalahgunakan.

"Kedepannya nomor 113 tersebut akan di upgrade sehingga segala jenis pengaduan emergency akan melalui nomor tersebut," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Wali Kota Bandung menyematkan topi, dan jaket kepada peserta pelatihan Satwankar. Selain itu, Wali Kota Bandung juga mencoba memadamkan api yang keluar dari selang gas 3 KG. (ly)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang 755 Anggota Satwankar Ikuti Bimtek. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih