BANDUNG - Bangsa yang besar, dicirikan dengan bangsa yang menghargai para pahlawannya. Menghargainya bukan hanya memberi tanda jasa dan mengunjungi makamnya tapi juga menghormati, meneladani dan meneruskan perjuangannya yang belum tertuntaskan, terlebih bagi bangsa ini yang masih bergulat dengan kemiskinan dan persoalan sosial ekonomi lainnya serta lingkungan yang cukup kompleks. 
 
"Pahlawan itu menurut saya adalah mereka yang ikhlas memberi tiada henti, ikhlas memberikan waktunya, kegigihannya, atau apapun demi kepentingan masyarakat, jadi definisi pahlawan sangat relevan di jaman sekarang juga, seperti mereka-mereka yang memberikan hidupnya bagi orang lain itulah pahlawan,"

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil Usai melakukan Ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Cikurtra saat memperingati Hari Pahlawan, Jalan Cikutra, Minggu (10/11/2013)

Dikatakannya untuk menjadi pahlawan jadi tidak harus selalu heroik seperti di jaman perjuangan kemerdekaan, "Jadi nilai-nilai itu bisa dicari di generasi saat ini, apa sih yang bisa mereka berikan lebih dari sekedar hidupnya untuk masyarakat," ajak ridwan

Lebih lanjut Ridwan mengungkapkan rencananya untuk membuat suatu penghargaan kepada masyarakat yang telah mengabdikan hidupnya bagi masyarakat, "Kita ada rencana membuat penghargaan bagi mereka-mereka yang memberikan hidupnya bagi masyarakat, bisa berebentuk setifikat atau medali yang pada intinya kita ingin menghargai, penghargaan ini kita akan kaji apakah diberikan pada hari pahlawan atau hari ulang tahun bandung, juga kriteria yang diberikan seperti pahlawan lingkungan atau lainnya," paparnya.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kota Bandung Tahun 2013

Sebelum melakukan Ziarah, Ridwan memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kota Bandung Tahun 2013, di Plaza Balaikota, Jalan Wastukancana 2 Bandung, minggu pagi, upacara tersebut ditandai dengan penekanan tomol sirine untuk mengheningkan cipta mengenang jasa jasa para pahlawan selama 60 detik.

Dalam kesempatan itu, Ridwan juga menyerahkan penghargaan berupa piagam dan lencana Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono kepada 210 Pegawai dilingkungan Pemkot Bandung. Penerima merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berprestasi dan telah mengabdikan diri selama 10, 20 tahun (perak) dan 30 tahun (emas) kepada negara tanpa cela.

Mengangkat tema "PAHLAWANKU IDOLAKU", hadir dalam upacara peringatan hari tersebut unsur Forum Komunikasi Musyawarah Pimpinan Daerah, anggota LVRI, anggota DPRD Kota Bandung, para Pelajar, TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan, sejumlah ormas/OKP, juga sejumlah pejabat publik dan jajaran pegawai pemerintah kota bandung. (Ly)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Pahlawanku Idolaku. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih