Sudah bolak-balik menjadi pembicaraan di internet, tentang keputusan BlackBerry untuk menjadikan BlackBerry Messenger (BBM) sebagai pengirim pesan multi-platform. Dan aku harus katakan, bahwa smartphone-ku (Smartfren Andromax 4 bermodal promo) sesungguhnya tidak pantas untuk disematkan aplikasi BBM untuk Android. Bukan mau sombong atau antipati, tetapi spesifikasinya memang kurang mumpuni; mulai dari versi OS, processor, apalagi internal memory yang hanya 144MB — walau sudah diakali dengan Link2SD tetap saja sudah kelimpungan mengatasi kebutuhan ruang simpan untuk beragam aplikasi lain yang memang kubutuhkan.

Tiba hari itu, dimana aku melihat tautan yang dibagikan di FB Group AndroidMedan. Penasaran. Lalu aku pun memutuskan untuk mencoba. Dan inilah tahapan yang kulalui hingga akhirnya aku pun memiliki PIN BBM dengan kepala ’7′
:hihi:
instalasi-bbm-di-android
Jadi buat contekan ke depannya, juga buat yang membutuhkan, ini dia cara install bbm di PC menggunakan Android Emulator:

Pre-requirements

Berikut adalah software-software yang kupergunakan dalam proses instalasi. Download dan simpan semuanya ke komputer yang akan diinstal BBM – Android.
  1. Android SDK (ADT Bundle for Windows, aku pakai yang Windows x86-20130917) ini adalah software development kit, yang kurang lebih sebenarnya dibutuhkan programmer untuk membuat sebuah aplikasi Android pada komputernya.
  2. Java SE Development Kit yang  diperlukan untuk menjalankan Android SDK. Minimum sih yang versi 6, tetapi aku pakai yang versi JDK 7.
  3. Paket Instalasi BBM (bagi yang membutuhkan file .apk untuk instalasi manual dari localhost) bisa diunduh disini (versi 1.0.0.70).
Nah, kalau kamu sudah punya 3 komponen penting di atas, berarti sudah siap untuk memulai aksi.

Disclaimer

Harap diperhatikan bahwa cara install bbm di PC yang aku bagikan ini adalah hasil ujicoba setelah mempelajari banyak referensi (khusunya bagian adb command). Dan ujicoba yang kulakukan, berhasil (nah itu ada buktinya di bagian awal postingan ini). Jika kamu was-was, ragu, atau tidak yakin, dan lebih memilih untuk keluar uang untuk hasil yang terjamin, lebih baik berhenti membaca disini.

Tahap 1: Instalasi SDK

  1. Berhubung untuk menjalankan Android SDK membutuhkan JDK, maka yang pertama sekali diinstal adalah JDK 7 (komponen nomor 2). Caranya gampang, berhubung file yang disediakan sudah berekstensi .exe jadi kamu tinggal double-click dan ikuti tahapannya hingga selesai.
  2. Sesudah JDK 7 sukses diinstal, baru lanjutkan dengan extract Android SDK (berhubung file yang disediakan situs resminya adalah paket ZIP).
Hasil ekstraksi boleh ditempatkan dimana saja, dengan nama folder apa saja. Bebas. Tapi kamu wajib ingat lokasinya.

Tahap 2: Konfigurasi Emulator

Setelah proses instalasi selesai. Sekarang bagian konfigurasi agar emulator bisa berjalan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh BBM – Android.
  1. Jalankan SDK Manager.exe (di dalam folder hasil ektrak tadi)
    instalasi-bbm-di-android-1
  2. Selanjutnya kita akan membuat sebuah perangkat Android “ecek-ecek”. Pada window SDK Manager, pilih Tools > Manage AVDs…
    instalasi-bbm-di-android-emulator
  3. Akan terbuka window Android Virtual Device Manager. Sekarang harusnya daftar Android Virtual Devices masih kosong. Klik tombol New…
    membuat-android-virtual-device-di-emulator
  4. Window baru lagi akan terbuka. Disini kita akan tentukan spesifikasi perangkat Android Virtual Device tersebut. Mulai dari namanya (bebas aja), jenis perangkatnya (aku pakai device Nexus 4), opsi memory (ujicobaku di 756 sudah cukup), internal storage (200 MiB) dan SD Card (300 MiB).
    Silahkan lihat gambar di bawah ini untuk jelasnya
    konfigurasi-android-emulator
  5. Setelah semua diatur, klik OK. Akan muncul konfirmasi pengaturan yang sudah dibuat. Sekali lagi klik OK untuk menutupnya dan mengakhiri tahap konfigurasi emulator.

Tahap 3: Jalankan Emulator

  1. Kembali ke window Android Virtual Device Manager, akan terlihat bahwa ada Android Virtual Device yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pilih AVD tersebut, lalu klik tombol Start…
    menjalankan-android-virtual-device-emulator
  2. Setelah tombol Start… diklik, muncul window Launch Option, disini aku tidak mencentang apa-apa, langsung klik tombol Launch
    instalasi-bbm-di-android-emulator
  3. Jika semua sesuai, maka akan muncul window baru yang merupakan interface perangat Android Virtual yang sudah dibuat
    android-emulator
  4. Selamat, sekarang kamu sudah punya Android baru!
Biarkan saja emulator berjalan, tidak perlu ditutup untuk tahap selanjutnya. Kalau loadingnya terasa lama, cobalah untuk lebih sabar menunggu.

Tahap 4: Instalasi BBM di Android Virtual

Sekarang tahap terakhir, yaitu menginstal aplikasi BBM untuk Android ke emulator. Disinilah peran file .apk yang menjadi pre-requirements tadi. Kenapa harus instalasi secara lokal? Karena aku tidak mau repot mendaftarkan akun Google via Android “ecek-ecek” tadi. Tapi kalau kamu mau yang praktis, silahkan install BBM – Android langsung dari link ini (menggunakan browser emulator).
Oh ya, pastikan bahwa komputer yang dipergunakan sudah terhubung ke internet ya. Karena nantinya proses aktivasi layanan BBM harus terhubung ke server BlackBerry.
Instalasi paket aplikasi BBM – Android (komponen nomor 3) yang kulakukan, menggunakan command prompt. Jalankan “Run” pada Windows (tombol Windows+R), lalu ketikkan cmd.
Bagi yang kurang familiar dengan perintah command prompt, bisa baca tutorialnya disini.

Tahap 4-1: Persiapan Paket Instalasi BBM – Android

Sebentar kita beralih ke Windows Explorer. Di dalam folder Android SDK (hasil ekstraksi tadi) terdapat beragam aplikasi pendukung yang berfungsi untuk “mengoprek” Android Virtual Device yang sudah dipersiapkan. Folder yang penting, dalam tahapan ini, adalah  sdk\platform-tools. Silahkan copy-paste paket aplikasi BBM – Android (BBM_1.0.0.70.apk) ke dalam folder platform-tools.

Tahap 4-2: Eksekusi Instalasi BBM – Android

Kembali ke command prompt, pastikan kamu bekerja di folder sdk\platform-tools tadi. Coba periksa, dengan perintah dir, apakah ada file adb.exe? Jika ada, berarti sudah benar tuh lokasinya.
  1. Langkah pertama, adalah memastikan bahwa komputer/laptop sudah mendeteksi “kehadiran” perangkat Android “ecek-ecek” tadi, dan terhubung. Perintah yang dijalankan adalah: adbdevices (program ini akan menampilkan di cmd, perangkat virtual yang terhubung ke laptop/komputer)
  2. Kalau tidak ada error, selanjutnya jalankan perintah ini: adb-einstallBBM_1.0.0.70.apk
  3. Setelah muncul pesan Success, maka di Android Virtual Device tadi sudah terinstall BBM – Android!
    adb-command-android-emulator

Tahap 5: Daftar BBM

  1. Kembali ke emulator, silahkan buka Menu (dengan cara single-click) untuk menampilkan daftar aplikasi yang terinstal. Seharusnya sudah ada icon BBM.
    hasil-instalasi-bbm-di-android-9a
  2. Klik icon BBM, dan tampilan yang muncul adalah halaman “Welcome to BBM”
    sukses-instalasi-bbm-di-android
  3. Jika kamu belum punya BlackBerry ID, maka pilih “Create a BlackBerry ID” dan lengkapi isian yang ada (pada bagian email, isikan email yang aktif).
    Jika kamu sudah punya BlackBerry ID, maka tinggal pilih “Sign In” dan login dengan akun kamu.
  4. Jika kamu sudah memiliki BlackBerry ID yang aktif, maka BBM akan menampilkan layar “Complete Your BBM Profile”. Silahkan lengkapi, dan akun kamu sudah dapat dipergunakan.
Harap disadari, bahwa BlackBerry punya antrian yang panjang untuk generate PIN bagi pengguna baru, jadi bagi yang memilih “Create a BlackBerry ID” harap sabar menantikan email konfirmasi yang dialamatkan ke inbox email kamu.

 (Source : http://nichpakaich.net/ulasan/cara-install-bbm-di-pc)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Cara Install BBM di PC Bermodal Android Emulator. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih