Meski digempur ponsel lokal dan Android, penjualan Blackberry masih terbilang cukup bagus.
Keberadaannya yang masih banyak diminati konsumen, harga jual yang masih cukup tinggi ikut memberikan keuntungan tersendiri bagi teknisi ponsel. Harga jasa servis pun bisa disesuaikan dengan harga si ponsel.

VTIGA kali ini hendak berbagi trik dengan Anda mengenai perbaikan BlackBerry. Harapannya, dengan pembahasan ini rekan-rekan mulai dapat memahami cara kerja rangkaian rangkaian eksternal memory di Blackberry Gemini.

Jika anda mengalami masalah seperti ponsel blackberry Gemini yang tidak bisa membaca kartu memori, apa yang harus dikerjakan? Yang pertama adalah memeriksa apakah konektornya mengalami masalah. Jika sulit dilihat dari bagian luar, ada baiknya anda melepas casing hingga tampak seperti di bawah ini.
1 1
Yang harus diamati dan diperhatikan adalah sambungan konektornya terlebih dulu
1 2
Bila konektor tidak bermasalah, apa langkah selanjutnya? Mari lihat skema berikut
1 3
Dari skema bisa dihitung jumlah kaki pada skema ada 12. Sedangkan kaki yang ada di Micro SD hanyalah delapan. Jadi, mana yang benar? Apakah skemanya  salah? Yang benar adalah jumlah kaki yang terpakai pada Micro sd hanyalah delapan.
Kita lihat secara detil 8 kaki Micro SD masing-masing adalah:
1. DAT2 Data Bit 2
2. CD/DAT3 Card Detect / Data Bit 3
3. CMD Command Line
4. Vdd Supply Voltage 2.7v / 3.6v
5. CLK Clock
6. Vss Ground
7. DAT0 Data Bit 0
8. 8 DAT1 Data Bit 1

Fungsi dari kaki pertama adalah sebagai jalur transmisi data yang ke dua. Kaki ke dua  fungsinya juga sebagai jalur data yang ke tiga. Kaki nomor tiga fungsinya untuk memberikan perintah atau instruksi, kaki ke empat adalah jalur tegangan. Kaki ke lima sebagai clock, kaki enam adalah ground, kaki tujuh dan delapan adalah jalur data untuk bit nol dan bit satu.

Jalur mana yang bermasalah? Untuk itu,  perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengukur jalur jalur pada ke delapan titik tersebut.
Sebagai contoh, kita mendapatkan bahwa jalur SD_CLK bermasalah.
Jika diteliti lebih lanjut, jalur ini berasal dari cpu.
 1 4
Kaki G1 CPU terhubung yakni kaki SD_clk mengeluarkan signal clock untuk micro sd.
Apakah artinya CPU nya yang rusak?

Dalam memperbaiki sebuah ponsel, janganlah kita langsung berasumsi bahwa kerusakan mutlak disebabkan oleh IC penghasilnya. Seperti dalam kasus di atas, ada baiknya kita menelusuri jalur tersebut.
Ada beberapa komponen yang mungkin bermasalah. Lihat lagi skema di bawah ini.

 1 5
 
Ada kapasitor C1116, C1117, dan juga R1126, yang dilalui langsung oleh jalur SD _clk.
1 6
Selain komponen di atas, masih ada lagi yang bisa menyebabkan ketidaknormalan signal SD_Clk. Yakni D1118. Perhatikan lagi skema di atas, jalur SD_clk terhubung ke kaki 1 dan kaki 10 D1118. Jadi apa fungsi D1118 tersebut? Tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah pengaman IC dari listrik statis.

Kemungkinan kerusakan juga bisa terjadi pada IC ini. Lihat posisi IC nya !
1 6

Kesimpulannya, penyebab tidak terbacanya Micro SD banyak. Mulai dari komponen kecil, jalur, hingga rusaknya CPU . Namun hendaknya Anda tidak langsung mengganti komponsen saja. Perlu sekali Anda mengerti dan memahami cara kerja sebuah rangkaian.

Ditulis oleh
Tayung, ST
Ridwan , ST
Staff Pengajar V-Tiga
Pusat Pelatihan Teknisi Ponsel
021-92955593,68269666

(Source : http://www.tabloidpulsa.co.id/tips-and-apps/14674-perbaikan-masalah-micro-sd-blackberry-gemini)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Perbaikan Masalah Micro SD Blackberry Gemini . Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih