Masyarakat Indonesia kini tengah dilanda demam batu akik. Trend menggunakan batu akik sebagai perhiasan pun kini kembali naik daun. Ada banyak jenis batu-batuan, fungsinya pun bermacam-macam. (Baca: Beginilah Cara Memilih Batu Akik yang Tepat)

Ada yang memakainya hanya untuk menunjang penampilan semata, untuk mendapatkan keberkahan dan sebagai ladang bisnis. Beberapa jenis batu menjadi primadona tersendiri bagi para kolektor dan pecinta batu. (Baca: Mengenal Istilah Batu Akik di Indonesia dan Pasar Internasional)

Kira-kira, batu jenis apa saja yang sering dipakai dan digunakan sebagai perhiasan atau cincin? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber:

1. Batu Kecubung

Batu Kecubung atau Amethys merupakan bagian dari keluarga batu Quartz. Batu kecubung ini memiliki warna ungu yang cantik. Negara penghasil batu kecubung terbesar di antaranya Srilanka dan Brazil.

2. Batu Akik

Batu Akik adalah jenis batu Agate. Jenis batu Agate ini merupakan bagian dari keluarga batu Quartz, salah satu kelompok batu yang jumlahnya paling banyak di bumi. Batu Akik bisa ditemui di daerah Turki dan Iran. Di Indonesia sendiri, batu akik memiliki jenis-jenis yang dinamakan berdasarkan daerah. Beberapa macam batu akik itu adalah: batu Garut yang berasal dari Jawa Barat, Batu Bacan yang berasal dari Maluku Utara dan batu Sungai Dareh yang berasal Pulau Punjung, kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

3. Batu Zamrud

Batu Zamrud Zamrud adalah nama lain dari Emerald yang merupakan bagian dari keluarga batu Beryl. Warna batu Zamrud adalah hijau. Batu ini sudah ditambang oleh bangsa Mesir sejak tahun 1500 SM. Pada abad ke-14, India dan Austria mulai menambang batu ini. Emerald atau Zamrud dapat ditemukan di berbagai negara, seperti Afrika Selatan, Amerika, Australia, Madagaskar, dan lain sebagainya.

4. Batu Intan

Batu Intan Batu Intan atau diamond adalah batu yang sangat terkenal. Kecantikan batu ini sangat menggoda banyak kaum hawa. Di beberapa negara di benua Afrika, penambangan batu intan ini juga terkait dengan isu politik. Intan yang terkait konflik dan masalah pendanaan organisasi politik tertentu serta kekerasan disebut dengan istilah Blood Diamond.

5. Batu Safir

Batu safir merupakan jenis batu cincin yang paling diminati dan sudah tidak asing di Indonesia. Batu safir dipercaya memancarkan aura untuk mengembangkan daya pikir baru yang menggambarkan kekekalan. Beberapa jenis bati safir pada perhiasaan seperti blue saphirre, yellow sapphire, black shappire dan burma shappire.

6. Batu Giok

Batu Giok atau Nephrite Jade merupakan batu yang sudah sangat lama digunakan oleh manusia, yakni sejak zaman pra sejarah. Pada kebudayaan Tiongkok, batu giok digunakan dalam upacara-upacara adat. Selain di Tiongkok, daerah-daerah lain di mana batu giok menjadi bagian budayanya adalah Korea, India, Myanmar, dan meso-Amerika.

7. Batu Kalimaya

Batu Kalimaya Jenis batu yang tergolong paling banyak peminatnya di Indonesia karena meskipun tergolong jenis batu mulia yang mahal namun batu ini tetap banyak diminati. Ciri-ciri batu kalimaya terlihat dari bentuknya yang unik dan juga bercita rasa tinggi.

8. Batu Ruby

Batu Ruby banyak digunakan oleh para pria yang menggambarkan keberanian dan kekuatan si pemakai. Batu ruby yang banyak di pakai, biasanya berwarna merah dengan bentuk umumnya round atau oval.[] 
 
(Sumber : http://atjehpost.co/articles/read/15567/8-Jenis-Batu-Cincin-yang-Sering-Dipakai-Orang)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang 8 Jenis Batu Cincin yang Sering Dipakai Orang. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih