-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dead Boot Si Penyebab Ponsel Android Kesayangan Anda Mati Total

60menit.com
Jumat, 05 Desember 2014

Banyak sekali penyebab kerusakan yang mengakibatkan sebuah ponsel mati total. Mulai dari jatuh, terkena hujan atau kotoran lainnya, sampai hanya karena software saja, semuanya bisa menyebabkan ponsel menjadi mati tiba-tiba. Dari sekian banyak penyebab, kerusakan software paling menjadi misteri, karena, bisa terjadi seakan-akan tanpa sebab, dan datangnya pun seringkali mendadak.

Software pada ponsel disimpan di dalam sebuah IC memory yang sering disebut IC Flash. Di dalam IC ini terdapat semua program serta data dari sebuah ponsel. Namun ada satu area yang paling penting sewaktu ponsel hendak bekerja. Yaitu daerah yang disebut 'boot area'. Jika area ini rusak, ponsel akan seketika mati total, repotnya ponsel tidak bisa diperbaiki dengan cara diprogram cara biasa.

Mengapa demikian? Ketika sebuah handphone atau tablet android mengalami kerusakan pada boot area, maka ponsel tersebut tidak akan bisa masuk ke download mode. Maka, usb driver tidak terdeteksi di komputer sehingga proses flashing yang notabene menggunakan sambungan via USB tidak bisa berjalan sama sekali. Kondisi ponsel yang seperti ini sering disebut dengan istilah Dead Boot, Hard Bricked dll.

Oleh karena itu, proses perbaikannya mau tidak mau dilakukan menggunakan cara lain, yaitu menggunakan metoda JTAG. Dengan metoda ini, software boot tidak dikirim melalui jalur USB, melainkan lewat beberapa test point yang langsung memiliki akses ke CPU utama, lalu disimpan dalam memory kerja CPU untuk dijalankan.

Setelah proses melalui JTAG selesai dilakukan, ponsel bisa kembali masuk ke dalam mode pengisian ulang, sehingga proses pengisian program bisa dilakukan dengan mudah.

Ditulis oleh
Ridwan Efendi
www.vtiga.com
Pusat Pelatihan HP, Laptop, TV LCD, dan Komputer
Whatsupp : 081288508878
Pin BB : 26D7E1A0


(Sumber : http://www.tabloidpulsa.co.id/tips-and-apps/klinik/18628-dead-boot-si-penyebab-ponsel-android-kesayangan-anda-mati-total)