ilustrasi, sumber: iSupply
Selain kerusakan pada board dan di luar kerusakan IC, komponen apa sajakah yang paling sering bermasalah dan harus diganti oleh para pengguna maupun teknisi berkaitan dengan ponsel mereka?  Mari kita bahas satu per satu.
1.    LCD
LCD
Ya, inilah komponen yang paling banyak diburu oleh para teknisi di toko sparepart. Kita sudah tahu semua, fungsi dari LCD ya menampilkan gambar atau tulisan. Namun adanya cacat sedikit saja, banyak pemakai yang tidak betah melihatnya. Tak heran bila kita tempatkan di posisi pertama. Kerusakannya beragam, dari blank putih, blank hitam, bergaris, hingga yang aneh aneh gejalanya seperti ketika buka kamera, LCD bergoyang.

2.    Touch Screen
Touchscreen Images Stories Imagesoktober2014 Thumb Other400 0
Teknologi kian maju. Teknologi layar sentuh sudah bukanlah hal yang aneh dan mahal. Pada ponsel entry level pun kita bisa menemukan adanya layar sentuh. Dikarenakan pemakaian dan juga ketahanan dari layar sentuh ini sendiri, tidak jarang masalah timbul pada bagian ini. Selain LCD, barang inilah yang kerap diganti di urutan kedua.
3.    Konektor charger
Connector Images Stories Imagesoktober2014 Thumb Other400 0
Berhati-hatilah dalam melakukan pengisian batere! Sebab bila terbalik, runyam akibatnya. Dikarenakan jalurnya juga dipakai untuk komunikasi data, bentuknya sudah bertransformasi dari bulat ke pipih seperti sekarang.  Jadi kita kudu ekstra hati hati ketika memasukkannya. Jika tidak pas, konektor anda akan rusak. Terpaksa deh masuk ke bengkel.
4.  Saklar
On Off Images Stories Imagesoktober2014 Thumb Other400 0
Dikarenakan intensitasnya cukup tinggi dalam pemakaian, saklar boleh dijadikan salah satu penyebab ponsel anda terpaksa "dirawat". Banyak hal yang mempengaruhi cepat rusaknya saklar. Jika pemakainya tidak tahu cara menggunakan saklar dengan semestinya, bisa memperpendek umur saklar. Namun tak perlu risau, dikarenakan harga saklar sangatlah terjangkau oleh kantong.
5. Trackball
Trackball
Di jaman pertama kali Blackberry muncul, teknologi trackball diperkenalkan. Luar biasa memang respon para user. Wow!! Tapi tahukah anda bahwa banyak masalah muncul dari trackball? Dengan cara kerja yang kurang pas, mengakibatkan kinerja trackball sering kali terganggu oleh kotoran yang masuk. Bagaimana tidak? Tangan pemakai tidak selalu bersih, kadang berkeringat pula. Tak heran bila penggantian trackball menjadi primadona para teknisi.
6. Trackpad
Trackpad Blackberry 8520
Bagaimana dengan yang satu ini? Boleh dikata, trackpad adalah penyempurnaan dari trackball. Ya secara kualitas jauh lebih baik dibanding trackball. Persentase kerusakan sudah jauh menurun. Tapi tetap saja, karena intensitas pemakaian yang begitu banyak, membuat trackpad cukup laris di pasaran sparepart.
7. Fleksibel
Flakesibel Images Stories Imagesoktober2014 Thumb Other400 0
Namanya saja kabel fleksibel, ya tentu bentuknya sangat fleksibel karena suka ditarik-tarik. Bagaimana kuatnya bahan fleksibel, satu saat pasti akan rusak juga. Jadi bagi anda yang memiliki ponsel berfleksibel, siap siaplah untuk menggantinya satu saat nanti.(*)
Ditulis oleh
Staff pengajar V-Tiga Training Center
Pusat Pelatihan HP, Laptop, TV LCD, dan Komputer
Whatsupp : 081288508878
Pin BB : 26D7E1A0


(Sumber : http://www.tabloidpulsa.co.id/tips-and-apps/klinik/17981-perhatikan-ini-komponen-ponsel-yang-cepat-rusak)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Perhatikan, Ini Komponen Ponsel yang Cepat Rusak. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih