-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


5 Cara Promosi Website yang Mudah Dilakukan

60menit.com
Jumat, 27 Maret 2015

BAGAIMANA sih cara promosi website yang mudah untuk dilakukan? Artikel ini akan menjawab pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan oleh web administrator tersebut.

Anda tentu telah memahami alasan kenapa perlu  membuat websitedan telah memilikinya. Satu hal yang harus dilakukan setelah membuat website adalah dengan mempromosikannya.Dan inilah 5 cara promosi website yang mudah dilakukan:

PROMOSI WEBSITE DENGAN SOCIAL MEDIA
Social media adalah salah satu aktivitas utama orang-orang di internet. Saya yakin, Anda sudah tahu tentang Facebook dan Twitter, atau bahkan sudah menggunakannya. Kabar baiknya, social media adalah tempat yang pas untuk melakukan promosi website gratis.

Cobalah membagikan link website Anda dengan twitter atau facebook. Selain mudah untuk dilakukan, Anda akan mendapatkan traffic gratis dari followers atau teman Anda.

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)
Pernah dengar SEO? Saya rasa istilah ini sudah cukup sering terdengar oleh mereka yang menjalankan bisnis secara online. SEO adalah upaya mengoptimasi website Anda agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Kabar baiknya, SEO itu GRATIS dan tidak rumit untuk dilakukan. Mulai lah dengan mengasah kemampuan menulis artikel karena salah satu poin terbesar dari SEO adalah ada pada konten tulisan website Anda. Tulis judul artikel yang jelas dan enak dibaca, lalu buatlah konten yang relevan dengan judul tersebut, dan perhatikan juga kaitan antar paragraf pada artikel Anda.

Jika Anda sudah melakukan 3 hal tersebut, secara tidak langsung Anda telah menerapkan salah satu teknik SEO yang bernama On Page Optimization.

SEARCH ENGINE MARKETING (SEM)
SEM adalah cara yang paling populer pada periklanan internet. SEM mirip dengan SEO, bedanya Anda membayar spot iklan pada halaman hasil pencarian.

Anda memang perlu mengeluarkan uang untuk menjalankan SEM, namun lebih murah dibandingkan beriklan di radio, media cetak, atau televisi.

Biasanya, orang yang ingin mempromosikan produknya di halaman pertama Google akan menggunakan SEM dengan AdWords. Selain hasilnya jauh lebih cepat dari SEO, SEM juga sangat terukur dan tertarget. Silahkan hubungi penyedia  jasa AdWordsuntuk mencoba SEM.

FORUM DISKUSI ONLINE
Forum diskusi online adalah tempat berkumpulnya orang-orang dengan minat yang sama. Jika Anda cukup jeli memilih forum diskusi yang tepat, maka melakukan promosi website di sana sangatlah menguntungkan. Tulis lah website Anda pada signature dan aktif lah berdiskusi dengan komunitas yang sepertinya tertarik dengan konten website Anda. Jangan malu untuk berpromosi sesekali karena orang tidak akan keberatan melihat iklan selama masih sesuai dengan minatnya.

PROMOSI SECARA OFFLINE
Promosi website tidak selalu dengan cara online, lakukannya juga promosi secara offline. Misalnya saja dengan menggunakan media cetak. Promosi di media cetak di sini bukan hanya beriklan di koran atau majalah. Anda bisa menggunakan media cetak yang lebih murah seperti kartu nama, stiker, brosur, kaos sablon. Gunakan juga kekuatan viral, caranya dengan menceritakan website Anda ke orang-orang yang Anda temui.

Contoh lainnya adalah membuat jaket dengan tulisan website Anda di belakangnya yang bisa memancing orang untuk mengakses website melalui smartphone.

Demikian 5 cara promosi website yang  mudah dilakukan, Selamat Mencoba!