60Menit.com -Situs bersejarah di Jawa Barat terancam maraknya penggalian batu akik belakangan ini. Tindakan ini merupakan indikator minimnya pemahaman masyarakat tentang arti penting situs sejarah.

Oleh karena itu, para juru pelihara diharapkan bisa lebih waspada.

"Fenomena batu akik satu sisi memberikan gairah ekonomi baru. Namun, penggalian sembarangan justru rentan merusak situs bersejarah di Jabar," kata Kepala Balai Pengelolaan Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisional Jawa Barat Agus Hanafiah saat bertemu dengan 51 juru pelihara situs bersejarah Jawa Barat di Bandung, Selasa (10/3).

Agus mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, oknum penggali batu mulia mulai mengincar kawasan sekitar situs bersejarah.

Oknum itu biasanya menjalankan aksi pada malam hari dan berharap bisa menemukan batu akik terbaik. Salah satu yang rentan adalah Curug Dago, yang berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bandung.

"Oleh karena itu, kami berharap juru pelihara bisa semakin waspada. Belum semua orang mengetahui arti penting situs bersejarah. Selain menjaga, sosialisasi perlindungan situs bersejarah harus segera dilakukan," katanya.

Data Kepala Balai Pengelolaan Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisional Jawa Barat menyebutkan, ada 1.039 situs bersejarah. Namun, baru 51 situs bersejarah yang dijaga juru pelihara...(zho)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Penggalian Batu Akik Makin Marak dan Liar, Situs-situs Bersejarah Terancam Rabu, 11 Maret 2015 07:03 WIB. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih