ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki mendukung operasi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi terhadap milisi Syi'ah Houtis di Yaman.

Dalam sebuah wawancara denganFrance 24pada Kamis (26/3/2015), Erdogan mengatakan bahwa Ankara akan mempertimbangkan "dukungan logistik" untuk misi tersebut, seperti dilaporkanMiddle East Monitorhari ini (27/3).

"Kami mendukung intervensi Arab Saudi," ujar Erdogan kepadaFrance 24.
"Turki akan mempertimbangkan memberikan dukungan logistik berdasarkan evaluasi situasi," tambahnya.

Presiden Turki menyerukan kelompok teroris seperti Houtis untuk menarik diri dari Yaman. Erdogan juga mengatakan Iran bekerja untuk meningkatkan pengaruhnya di Irak.

"Iran sedang mencoba untuk mengejar Daesh (ISIS) hanya untuk mengambil tempatnya," ujarnya.

Mengomentari serangan udara AS yang mengklaim menargetkan ISIS, Erdogan mengatakan: "Saya sudah mengatakan bahwa serangan udara koalisi tidak cukup."

Intervensi darat akan diperlukan untuk mengatasi ISIS, menurut Erdogan.
Beberapa negara Arab telah bergabung dengan operasi militer yang dipimpin Saudi yang dimulai pada Rabu (25/3) malam dengan serangkaian serangan udara terhadap posisi Houtis di Yaman termasuk beberapa lokasi di ibukota Sana'a.

Inggris, Mesir dan Perancis menyatakan dukungan mereka terhadap intervensi Saudi sementara Rusia, Iran, rezim Suriah dan Irak telah melabeli intervensi tersebut sebagai "agresi". (haninmazaya/ arrahmah.com/publikanews.com)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Turki Dukung Saudi Usir Syi'ah Houtis Zdi Yaman. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih