DISADARI atau tidak, akidah sekularisme (pemisahan agama dari kehidupan) diterapkan dan mendominasi kehidupan kaum Muslim termasuk di negeri ini. Dengan sekularisme, Islam hanya diberlakukan dalam urusan pribadi dan individu, urusan keyakinan, ibadah dan moral.

Hukum-hukum Islam boleh dipercayai, dipelajari dan dikaji dalam kajian akademis dan keilmuan, namun tidak untuk diambil dan diterapkan. Jelas, itu merupakan perilaku yang dilarang keras oleh Allah SWT dalam firman-Nya QS al-Baqarah [2]: 85.

Kaum Muslim tidak boleh berislam setengah-setengah, namun harus total. Allah SWT memerintahkan kaum Mukmin:

﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ﴾

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagi kalian (TQS al-Baqarah [2]: 208).

As-Sa'di menjelaskan, "Ini adalah perintah dari Allah SWT untuk kaum Mukmin agar mereka masuk Islam secara kaffah, yakni ke dalam seluruh syariah agama tanpa meninggalkan sedikitpun syariahnya; juga agar mereka tidak menjadikan hawa nafsu mereka sebagai tuhan, yakni jika perkara yang disyariatkan (syariah) itu sesuai hawa nafsunya maka diamalkan dan jika menyalahi hawa nafsunya maka ditinggalkan."

Masuk ke dalam Islam secara kaffah adalah dengan mengambil dan mengamalkan syariah Islam secara totalitas. Ini merupakan tuntutan keimanan karena Allah SWT serukan kepada kaum Mukmin.

Di sinilah pentingnya menegakkan Khilafah ar-Rasyidah. Pasalnya, selain merupakan kewajiban sebagaimana yang disepakati oleh seluruh mazhab Islam, menegakkan Khilafah ar-Rasyidah yang menerapkan syariah Islam secara menyeluruh akan mewujudkan perintah Allah SWT untuk masuk ke dalam Islam secara kaffah. WalLâh a'lam bi ash-shawâb. (ali/hti)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Berislamlah Secara Kaffah. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih