KECEPATAN adalah keinginan konsumen dalam berakses internet, nah dalam perkembangan kali ini jaringan yang sebelum-sebelumnya berevolusi menjadi lebih baik, dari edge, gprs dan seterusnya hingga yang umum kali ini 3g. kali ini ada yang lebih canggih dari kecepatan itu yaitu 4G untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.

Sepuluh tahun yang lalu kita telah mengenal teknologi 3G/UMTS yang mana telah menjadi raja koneksi paling kencang pada masa itu. Masa-masa 3G/UMTS saat ini telah berlalu dan digantikan oleh jaringan4G LTE.

Jaringan 4G LTE sendiri baru saja datang ke tanah air yang di bawa oleh salah satu PT dan menawarkan paket internet dengan jaringan 4G LTE. Meskipun masih terbatas di Jabodetabek, namun koneksi jaringan 4G LTE ini lambat laun akan menyebar ke seluruh antero negeri.

Jaringan 4G/LTE (Fourth Generation / Long Term Evolution) adalah langkah berikutnya dalam pengembangan jaringan seluler yang menyediakan pengguna dengan kecepatan data jauh lebih cepat dibandingkan dengan data 3G.

Negara maju, seperti Inggris dan Amerika Serikat telah mencicipi jaringan 4G ini sejak Oktober 2012 lalu dan telah menjadi jaringan internet stAndar bagi negara tersebut. Lalu seperti apa jaringan 4G ini di Indonesia? Simak ulasan Paseban di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Perbedaan Band Frekuensi Jaringan 4G
Di negara maju, seperti Inggris, jaringan 4G memiliki beberapa perbedaan band frekuensi, yakni 2.6GHz yang digunakan untuk perangkat Mobile dan cocok digunakan untuk masyarakat perkotaan dan 800MHz yang digunakan untuk jaringan televisi internet di negara Inggris.

Jika muncul pertanyaan, manakah salah satu di antara keduanya yang memiliki band frekuensi terbaik di kelasnya? Maka jawabannya adalah 1800MHz yang memiliki keseimbangan antara cakupan dan kapasitas yang jatuh di antara 2.6GHz dan 800MHz yang membuatnya menjadi frekuensi yang sangat ideal untuk diterapkan di satu negara.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Di Indonesia sendiri jaringan 4G LTE digunakan pada jaringan 1800MHz seperti halnya yang ditawarkan dalam trial 4G LTE yang ditawarkan dari salah satu brand berlaku untuk perangkat yang mendukung frekuensi 1800 MHz (band-3).

Cakupan Jaringan 4G: Kapan Seluruh Wilayah Indonesia Akan Menikmatinya?
Meskipun masih trial dan masih dijangkau oleh kawasan tertentu saja, namun jaringan 4G pada beberapa tahun ke depan akan menjangkau seluruh kawasan di Indonesia, dan diperkirakan bisa dirasakan secara merata pada tahun 2015 dan semoga saja rencana tersebut benar-benar terealisasikan.

Smartphone Terbaik Untuk Jaringan 4G
Smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G yang tersedia di pasaran saat ini adalah pada dasarnya adalah ponsel High-end seperti iPhone 5S, Samsung Galaxy S4, dan HTC One, bersama dengan beberapa handset mid range seperti HTC One Mini yang dilengkapi dengan LTE dan Nokia Lumia 820.

Salah satu keuntungan menjadi negara yang terlambat untuk mencicipi jaringan 4G adalah kita terhindar dari perangkat percobaan yang pertama kali mencoba jaringan 4G ini.

Jadi janganlah Anda terlalu gusar untuk menjadi negara yang terlambat mencicipi jaringan 4G ini, karena kita tidak penah merasa frustrasi untuk menjajal perangkat percobaan dari pabrikan lain.

Apakah Perangkat Dengan Jaringan 4G LTE Bawaan Nantinya Akan Bekerja di Indonesia?

Ya! Beberapa perangkat seperti iPhone 5, iPad 4, iPad mini merupakan perangkat yang berjalan di jaringan frekuensi 1800MHz yang mana ini berarti Anda akan dapat menikmati jaringan 4G LTE dengan perangkat tersebut ketika jaringan 4G ini telah menggapai wilayah atau kawasan Anda.

Belum lagi kita telah disuguhkan dengan perangkat baru, seperti iPhone 5S, iPhone 5C, iPad Air dan iPad Mini yang mana semua perangkat ini benar-benar bekerja di dalam jaringan 4G yang kencang.

Mengapa Jaringan 4G Begitu Cepat?
Peningkatan kecepatan yang mengesankan dari jaringan 4G ini akibat penggunaan OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing), teknologi transmisi yang digunakan oleh ADSL, Wi-Fi, DVB-T, DVB-H dan DAB.

Tidak hanya mengurangi latency (jumlah waktu yang dibutuhkan untuk bufferdan terhubung ke halaman web), tetapi juga meminimalkan gangguan dan mampu menjejalkan jumlah data yang lebih besar ke dalam bandwidth.

Sederhananya, ini memungkinkan ponsel dan tablet 4G/LTE untuk streaming video dan bermain game online tidak seperti sebelumnya, terutama karena 4G telah dirancang sebagai jaringan data, bukan menjadi satu dan menggunakan protokol TCP / IP yang sama yang mendukung internet.

Ada kemungkinan bahwa kenaikan kecepatan data jaringan 4G dapat dicapai dengan teknologi MIMO (Multiple Input Multiple Output) yang menggunakan beberapa antena pada pemancar dan penerima seperti peralatan 802.11n Wi-Fi.

Nokia dikabarkan telah mencapai kecepatan 173Mbps dari 4G dengan konfigurasi 2×2 MIMO (dua antena pada kedua pemancar dan penerima), sehingga pengaturan 4×4 berpotensi menawarkan kecepatan sebanyak 326.4Mbps.
SUMBER :  www.portal.paseban.com

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Suka browsing di Smartphone?Kenali Dulu Akses Jaringan Internet 4G yang Ini. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih