Smartphone lelet ?, susah buat jangkau aplikasi ?. Terkadang bila smartphone kita terjadi seperti itu, kita tentunya akan kesal, tapi yang penting jangan banting tu HH yang kalian punya yah  :-). Banyak sebab kemungkinan yang menjadikan Smartphone Android sobat lemot, bisa dari RAM yang memiliki UKURAN KECIL, atau juga bisa dari terlalu banyaknya APLIKASI YANG BERJALAN dibelakang layar, sehingga membuat kinerja smartphone yang kita punya akan terasa lemot, dan susah memindahkan slide, atau malah karena terlalu banyaknya beban aplikasi, akan mengakibatkan Smartphone Android kita mengalami Hang, yang dapat berakibat fatal terhadap file yang kita miliki.

Dikarenakan, kalau sudah mengalami Hang / Macet, file yang kita simpan atau yang sudah tersimpan dapat hilang, karena kerusakan sistem yang terjadi disaaat kejadian tersebut berlangsung.

Makanya sebagai awalan, sobat harus pintar-pintar memanage aplikasi dan fitur yang ada pada Smartphone Android masing-masing. Selain itu, sobat  juga bisa melakukan refresh melalui fitur bawaan atau dengan cara merestart Smartphone Android, agar kembali fresh kembali, dan masih banyak cara lain yang bisa sobat aplikasikan ketika mengalami lemot, baik itu menggunakan OS Android Lollipop ataupun KitKat tanpa Root.

Berikut beberapa tips atau cara cukup efektif, yang kami lansir dari laman PhoneArena untuk mengatasi hal tersebut, dalam 5 Cara Mempercepat Kinerja Android yang Lemot dibawah ini.

1 Mengganti SD Card

Lemotnya Android, bisa juga dikarenakan micro sd yang sobat gunakan memiliki kualitas jelek, atau tidak memenuhi standard penyimpanan pada sebuah smartphone android. Menurut pengalaman kami, micro sd yang ada pada penyimpanan eksternal memiliki kecepatan akses berbeda-beda, antara jenis satu dengan lainnya. Untuk mempercepat kinerja android karena hal itu, kami sarankan, sobat deteknokers untuk cepat-cepat mengganti penyimpanan eksternal yang sobat deteknokers gunakan sekarang, dengan micro sd yang memiliki tingkat 10, alasanya cukup simple, untuk Micro SD class 10 memiliki daya transfer data yang cepat, sehingga dengan cepatnya akses memory tersebut, tentunya dapat mendongkrak kinerja dari smartphone yang sobat pakai.

2 Menggunakan RAM Boosters

Membersihkan Sistem RAM dari junk dapat mempercepat kinerja android yang kita miliki, karena biasanya seusai kita menggunakan sebuah apilkasi, Android akan secara otomatis menyimpan cache atau file sampah pada directory sistem yang ada pada sebuah smartphoe, dan karena itulah, Smartphone Android kita menjadi lemot. Untuk membersihkannya, sobat bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa didapatkan dimarket android, atau dengan fitur bawaan seperti RAM Booster yang ada pada smartphone asus pada menu toolbar. Cara memepercepat kinerja Android satu ini cukup efektif, dan sobat eteknokers bisa langsung mencobanya untuk mendapatkan hasilnya.

3 Memanage Penyimpanan Internal

Selain dari penyimpanan eksternal yang menyebabkan kinerja dari smartphone sobat berkurang, atau bisa dikatakan nge'lag, bisa disebabkan karena internal memory yang penuh sesak dengan sistem yang ada pada sistem pengoprasian. Permasalahan tersebut muncul kemuka dimulai dari awal dikenalkannya OS Android 4.3 pada sebuah smartphone, yang akar permasalahannya dikarenakan TRIMed, sebuah kejadian dimana penyimpanan internal tidak dapat dimatikan dengan baik, ketika sobat membuka atau melakukan sebuah hal pada smartphone, sehingga karena itulah smartphone sobat menjadi lemot. Untuk kejadian ini, sobat dapat menginstal aplikasi yang bernama LagFix, dengan cara kerja memilih aplikasi yang kurang efektif digunakan, dan membiarkan aplikasi yang efektif untuk berjalan, sehingga nantinya smartphone sobat dapat berjalan normal kembali seperti sedia kala.

4 Menonaktifkan Animasi melalui Menu Developer

Selanjutanya, penyebab lemot juga bisa dari adanya animasi diatas layar, yang biasanya dibwa oleh fitur pada sebuah smartphone. Untuk yang ini, caranya cukup mudah mengatasinya, karena sobat deteknokers dapat langsung mengakses menu Developer Option, di situ terdapat pengaturan animasi, yang dapat sobat deteknokers sesuaikan dengan kebutuhan. Pada menu tersebut, sobat bisa menonaktifkan animasi yang ada atau sedang berjalan diatas dan dibelakang layar. Dengan cara mempercepat kinerja android tersebut, sobat bisa membuat kecepatan android yang sobat pakai, menjadi lebih cepat dan enteng.

5 Cara mempercepat kinerja android dengan Mengganti Launcher

Cara mempercepat kinerja Android terakhir bisa dengan mengganti launcher bawaan dengan launcher yang didapatkan dari market store android, dengan catatan, launcher tersebut memiliki ukuran yang kecil, sehingga ruang gerak yang dibutuhkan pada sistem menjadi longgar, dan bila sobat sudah menemukan launcher yang ringan, sobat langsung saja jadikan default, agar nantinya, menu transisi pada slide menjadi lebih ringan, dan tidak lemot lagi.

5 Cara Mempercepat Kinerja Android diatas sudah kami coba pada smartphone yang kami miliki, dan hasilnya cukup sefektif, dan yang terpenting, sobat tidak memerlukan akses root untuk melakukan trik-trik tersebut, karena dengan melakukan Root, bisa menghilangkan garansi dari sebuah smartphone, dan dengan hal itu tentunya akan merugikan sobat deteknokers sebagai empunya HP bila terjadai kerusakan serius pada perangkat hardware atau software.

Sekian yang dapat kami informasikan mengenai Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root dan baca juga di tahun 2015 ini.

(source : https://www.detekno.com/cara-mempercepat-kinerja-android)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Cara Jitu Mempercepat Kinerja Android yang Lemot. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih