-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


2017, Bandung Menjadi Kota Buku

60menit.com
Sabtu, 05 September 2015

BANDUNG - Walikota Bandung Ridwan Kamil menargetkan Kota Bandung sebagai kota buku ditahun 2017. Salah satu agendanya adalah memperbanyak budaya baca sebanyak-banyaknya dan disebarkan dengan konsep desentralisasi.

Untuk mengawali itu, ia meresmikan Perpustakaan Umum di Taman Bima yang diberi nama Micro Library (Miclib) di Kelurahan Arjuna, Kecamata Cicendo, Sabtu (5/9).

Miclib merupakan bentuk kerjasama dari Pusat Sumber Belajar (PSB), Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, SHAU Architecture dan Urbanism, Dompet Dhuafa Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung.

Ridwan Kamil mengatakan, jika perpustakaan di Taman Bima ini merupakan awal untuk menjadikan Bandung sebagai kota baca.

"Lahirlah budaya baca dengan konsep desentralisasi, nanti banyak Perpustakaan,"ujarnya.

Rencananya, sebanyak 151 kelurahan di Kota Bandung pun akan memiliki tempat baca seperti di Taman Bima. Hal itu juga merupakan langkah desentralisasi agar bisa mendistribusikan minat baca secara konseptual ke seluruh wilayah di Bandung.

"Sebanyak 151 kelurahan akan konsepkan, tapi kita mulai di Taman Bima sebagai percontohan,"ungkapnya.

Dirinya juga berharap dengan adaya perpustakan di wilayah-wilayah kelurahan, anak-anak Bandung semakin pintar, cerdas dan bisa lebih berimajinasi.
"Nanti kita akan lengkapin juga perpustakaannya dengan komputer. Tapi ini jadi contoh yang lebih bagus,"imbuhnya.

Di Micro Library ini ada berbagam macam buku seperti koleksi buku pengetahuan umun, buku anak-anak, mainan tradisional, alat peraga PAUD, serta beragam kegiatan seperti knowledge sharing, story telling, English Club dan Gemari Baca. (cep/zhov)