BANDUNG - Walikota Bandung Ridwan Kamil menargetkan Kota Bandung sebagai kota buku ditahun 2017. Salah satu agendanya adalah memperbanyak budaya baca sebanyak-banyaknya dan disebarkan dengan konsep desentralisasi.

Untuk mengawali itu, ia meresmikan Perpustakaan Umum di Taman Bima yang diberi nama Micro Library (Miclib) di Kelurahan Arjuna, Kecamata Cicendo, Sabtu (5/9).

Miclib merupakan bentuk kerjasama dari Pusat Sumber Belajar (PSB), Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, SHAU Architecture dan Urbanism, Dompet Dhuafa Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung.

Ridwan Kamil mengatakan, jika perpustakaan di Taman Bima ini merupakan awal untuk menjadikan Bandung sebagai kota baca.

"Lahirlah budaya baca dengan konsep desentralisasi, nanti banyak Perpustakaan,"ujarnya.

Rencananya, sebanyak 151 kelurahan di Kota Bandung pun akan memiliki tempat baca seperti di Taman Bima. Hal itu juga merupakan langkah desentralisasi agar bisa mendistribusikan minat baca secara konseptual ke seluruh wilayah di Bandung.

"Sebanyak 151 kelurahan akan konsepkan, tapi kita mulai di Taman Bima sebagai percontohan,"ungkapnya.

Dirinya juga berharap dengan adaya perpustakan di wilayah-wilayah kelurahan, anak-anak Bandung semakin pintar, cerdas dan bisa lebih berimajinasi.
"Nanti kita akan lengkapin juga perpustakaannya dengan komputer. Tapi ini jadi contoh yang lebih bagus,"imbuhnya.

Di Micro Library ini ada berbagam macam buku seperti koleksi buku pengetahuan umun, buku anak-anak, mainan tradisional, alat peraga PAUD, serta beragam kegiatan seperti knowledge sharing, story telling, English Club dan Gemari Baca. (cep/zhov)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang 2017, Bandung Menjadi Kota Buku. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih