-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


3 Aplikasi Pilihan Bunda, Ajak si Kecil Lebih Terampil

60menit.com
Selasa, 19 April 2016

Memilih aplikasi yang tepat untuk anak-anak terbilang gampang-gampang susah. Banyak sih, tapi apakah anak-anak kita akan menikmatinya. Atau jika ditelaah lebih dalam lagi, apakah aplikasi tersebut akan bermanfaat bagi tumbuh kembang anak-anak kita?

60MENIT.COM - Android dengan ekosistemnya yang majemuk menyediakan banyak aplikasi menarik. Beberapa diantaranya akan kita bahas pada tulisan ini. Ibu-ibu yang tengah bingung memilih aplikasi bisa menerapkannya di ponsel dan tablet Android milik Anda. Terkait prosesor, aplikasi-aplikasi ini dapat berjalan maksimal di Android dengan chipset Intel.

1. PicsArt for Kids
Developer: PicsArt
Harga: Gratis
Min Requirement: Android 2.1

Anda mungkin sudah pernah menggunakan aplikasi PicsArt. Sebuah produk flagship salah satu vendor besar sempat menggunakan apps ini sebagai salah satu daya tarik dalam berkreasi, mengedit foto dan memamerkannya kepada orang lain melalui aplikasi yang sama. Tapi bukan itu yang akan kita bahas.

PicsArt memiliki cukup banyak produk turunan. Semuanya berkaitan dengan gambar, manipulasi foto, atau tidak jauh-jauh dari gambar deh. Nah salah satunya adalah PicsArt for Kid. Lah bagaimana bisa anak-anak menggunakan PicsArt, sementara orang tua nya saja kadang tersesat di dalam fitur-fiturnya kan? Hehe.. ini PicsArt untuk anak-anak, jadi fungsinya pun disesuaikan. Bukan lagi editing foto, namun lebih ke sebuah aplikasi mewarnai dengan gambar-gambar yang menarik.

Ada beberapa kelompok gambar yang bisa diwarnai oleh anak-anak kita, mulai dari dinosaurus, hingga bermacam-macam burung. Mereka tentu tidak perlu mewarnai dengan akurat, biarkan mereka berimajinasi dan kita bisa dengan tenang menonton drama dan sinetro kesayangan tanpa gangguan mereka.

Karena melulu menampilkan grafis, maka kita membutuhkan ponsel Android yang mumpuni. Beberapa ponsel dengan prosesor Intel bisa menampilkannya secara optimal.

2. GS Preschool Games
Developer: Greysprings Software Solutions Pvt. Ltd
Harga: Gratis
Min Requirement: Android 4.0

Tidak perlu lagi merasa serba salah apabila Anda termasuk Ibu yang memiliki anak di bawah usia sekolah! Jika Anda menginginkan mereka bersekolah namun terhalang oleh berbagai kendala, semisal waktu, perasaan was was bahkan dana bisa kita kesampingkan dulu. Yang penting anak-anak kita bisa melakukan hal-hal positif di rumah. Salah satunya dnegan aplikasi preschool Games ini.

Lupakan game balapan, atau kekerasan yang kerap dimainkan oleh anak-anak usia dini, di sini Anda akan ditawari sejumlah permainan yang menarik serta mendidik anak-anak. Anda sebagai ibu bisa mengawasi permainan atau jadi lawan dalam permainan tersebut.

Ada sekitar 10 permainan yang asyik dimainkan oleh anak-anak Anda. Semuanya kembali menampilkan grafis. Meskipun tidak membawa banyak gambar yang rumit atau sampai membawa gambar 3D berjuta-juta polygon, namun Anda akan membutuhkan ponsel dengan layar yang mumpuni dan juga prosesor terbaik seperti besutan Intell

3. Gelato Mania
Developer: Vanilla Breeze Co., Ltd
Harga: Gratis
Min Requirement: Android 3.0

Nah yang ini mungkin agak advance. Namun ide dari permainan Gelato Mania ini bukanlah hal baru. Game ini sebenarnya adalah game puzzle. Dimana si pemain diberi contoh susunan gelato, lalu ditantang menyusun gelato yang sama persis dengan gelato contoh.

Anak Anda mungkin pernah menikmati gelato sebagai kudapan yang nikmat. Dengan ide tersebut, maka gelato dapat dijadikan salah satu alasan mereka untuk tetap bermain dan mengasah otak mereka di game ini. Tingkat kesulitan yang cukup tinggi saat permainan sudah bergulir lama bisa jadi akan mengganggu anak Anda untuk itu tetap dampingi dan sesekali bantu mereka memecahkan masalahnya. 

Tampilan gambar yang baik dan penuh warna membutuhkan kinerja prosesor yang apik untuk mengolah grafis tersebut. Semua Android bisa menjalankannya, namun jika Anda inginkan hasil maksimal, Anda bisa memilih ponsel Android dengan prosesor dengan optimasi multicore seperti yang dibuat oleh Intel untuk produk-produk dari Samsung, Asus dan Lenovo. (ali)

(source : http://www.tabloidpulsa.co.id/tips-and-apps/14445-aplikasi-pilihan-bunda-ajak-si-kecil-lebih-terampil)