-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Budaya Lombok Turut Meriahkan Car Free Day Bandung

60menit.com
Minggu, 04 Oktober 2015


Bandung (4-10-2015) 60menit.com - Kebudayaan Lombok Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), turut memeriahkan kegiatan Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (4/10/2015) pagi.

Prosesi adat Nyongkolan atau sebuah kegiatan adat yang menyertai rangkaian acara dalam prosesi perkawinan pada Suku Sasak di Lombok, NTB, menjadi pembuka pada parade tersebut.

Di belakang barisan sosok pengantian perempuan tampak 10 pemain Gendang Beleg memukul keras gendang yang dibawanya. Setelah itu, barisan selanjutnya dalam parade tersebut adalah sosok pengantin pria dari Suku Sasak.

Warga yang hadir di Car Free Day Bandung di Jalan Asia Afrika itu tertarik oleh atraksi seni bela diri masyarakat Sasak dengan menggunakan sebatang rotan atau peresean. Dua warga Sasak tampak saling memukul dengan senjata sebatang rotan dan perisai berbentuk persegi empat yang terbuat dari kulit sapi sebagai pelindungnya.

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin yang hadir dalam parade tersebut menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bandung dan Pemprov Jawa Barat yang telah memberikan kesempatan kepada pihaknya untuk menampilkan kebudayaan Lombok Sumbawa, NTB.

"Saya sampaikan apresiasi kepada Walikota Bandung dan Pemprov Jawa Barat dan seluruh masyarakat Bandung, yang alhamdulillah pada hari ini kami bisa menampilkan tradisi warisan budaya leluhur kami di sini," ucap Muhammad Amin di Bandung.

Ia berharap Parade Lombok Sumbawa Festival 2015 bisa menarik minat masyarakat Bandung dan Jawa Barat untuk berkunjung ke NTB.

"Mudah-mudahan warga Bandung jadi tertarik datang ke Provinsi NTB, khususnya Pulau Sumbawa dan Lombok untuk menikmati kebudayaan kami. Ini bisa mendongkrak sektor pariwisata," pungkas Wakil Gubernur NTB. (zhov)