Plak dan karang gigi merupakan kotoran yang selalu menempel pada gigi dan sangat sulit untuk dihilangkan hanya dengan menggosok gigi. Pada dasarnya karang gigi merupakan akibat dari sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga lama kelamaan menjadi kerak yang terus menempel erat pada gigi. Saat makan pastinya gigi akan menjadi kotor, akan ada kotoran yang menempel pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi berkarang bila tidak segera di bersihkan. Masalahnya adalah kemalasan gosok gigi sebelum dan setelah tidur. Cara membersihkan karang gigi dan mencegahnya adalah dengan menggosok gigi secara rutin. Jika malas menggosok gigi maka sisa-sisa makanan dan kotoran yang ada pada gigi akan terus berkembang menjadi kerak. Oleh karenanya sikat gigi secara teratur sangatlah penting.

Gigi pada dasarnya memiliki banyak celah dimana sisa makanan bisa bersembunyi disana. Saat anda mengunyah makanan pasti ada sisa makanan yang tertinggal di mulut. Celah yang ada pada gigi sulit di jangkau oleh sikat gigi. Sebagian besar sikat gigi hanya akan bergerak di bagian depan gigi saja, namun tidak bisa mencapai celah terdalamnya. Yang bisa mencapai sampai ke celah terkecil dari gigi hanya air. Oleh karenanya ada obat kumur yang bisa lebih ampuh menghilangkan bekas makanan pada gigi. Kenyataannya memang demikian. Zat cair akan jauh lebih mudah menjangkau sela-sela gigi dan mengangkut sisa makanan yang masih menempel. 

Penyebab Karang Gigi

Sebelum membahas cara membersihkan karang gigi, ada baiknya anda tahu penyebab terjadinya plak dan karang gigi, yaitu antara lain : 

Tidak rutin menggosok gigi saat sebelum dan sesudah tidur. Selain itu kurang bersih menggosok gigi, sehingga sisa-sisa makan masih bersembunyi di sela-sela gigi.

Terlalu sering makan-makanan yang manis. Jika anda menyukai makanan yang manis, maka beresiko menimbulkan karang gigi. Tidak perlu berlebihan mengkonsumsi kismis, cokelat, permen, kue tart dan makanan manis yang mudah lengket di gigi anda.

Tidak rajin berkumur. Berkumur memang hal yang sepele namun sangat efektif untuk menghilangkan sisa-sisa makanan pada gigi. Biasakan berkumur setelah makan.
Merokok. Kalau anda perokok berat, sudah pasti gigi anda penuh dengan karang gigi. Tembakau dan asap rokok dapat menyebabkan karang gigi dan gigi kekuningan (Baca juga Cara Memutihkan Gigi).

Dengan adanya karang gigi maka akan memperburuk gigi anda, selain itu juga mampu memperburuk penampilan gigi anda apalagi jika sudah parah akan bisa membahayakan kesehatan gigi anda. Beberapa akibat adanya karang gigi yakni; Menimbulkan bau mulut tidak sedap; Penampilan gigi menjadi jelek dan kotor; Menimbulkan infeksi pada gusi dan beresiko menyebabkan gangguan pencernaan.

Tips Membersihkan dan Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami


Meski menjadi plak dan kerak di gigi dan sangat susah dihilangkan, namun tetap ada cara menghilangkan karang gigi secara alami, mari kita simak tips sehat berikut ini :

Gosok Gigi Secara Tepat dan Rutin

Gosoklah gigi secara merata dengan mengarahkan sikat gigi pada arah yang tepat. Yakni menggosokkannya ke bawah dan ke atas. Jangan lupa untuk menggosok bagian dalam gigi, permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah, dan bagian dalam lainnya secara merata. Yang pasti gosok gigi secara rutin pada saat sebelum tidur dan bangun tidur.

Menggunakan Kulit Jeruk

Cara menghilangkan karang gigi bisa juga dengan menggunakan kulit jeruk, yakni dengan menggosokkan kulit jeruk pada karang gigi secara berulang-ulang. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil maksimal. Vitamin C yang terkandung pada jeruk sangat bagus bagi gigi anda.

Mengkonsumsi Apel

Apel sangat baik untuk kesehatan gigi. Ternyata tak hanya bisa membuat gigi putih tetapi juga bisa menghilangkan karang gigi. Jika anda secara teratur mengkonsumsi buah-buahan kaya vitamin C, seperti apel, jambu biji, jeruk, strawberry, dsb, anda akan memilliki gigi yang sehat.

Rajin Berkumur Setelah Makan

Berkumur merupakan cara paling ampuh untuk mengikis karang gigi dan menghalau sisa makanan penyebab karang gigi. Akan sangat membantu jika mengkonsumsi obat kumur dimana sudah terdapat zat aktif penghilang karang gigi sehingga karang gigi akan lebih cepat hilang.

Mengunyah Buah dan Sayuran

Anda bisa membiasakan mengunyah buah apel, melon, wortel dan seledri. Mengunyah buah atau sayuran tersebut satu jam setelah makan dapat membersihkan gigi secara alami. Tidak hanya menghilangkan sisa makanan, tetapi juga karang gigi dan memperkuat gusi.

Tomat dan Strawberry

Anda bisa mengoleskan tomat atau srawberry pada gigi. Biarkan selama 5 menit. Bilas mulut dengan campuran air hangat dan baking soda. Ini membantu untuk menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri dalam mulut.

Mengunyah Biji Wijen:

Cara menghilangkan karang gigi alami dan sederhana adalah mengunyah biji wijen. Perlahan kunyahlah segenggam biji wijen selama 4-5 menit, tapi jangan menelan dan memakannya. Lalu sikat gigi anda menggunakan biji wijen yang anda kunyah tersebut. Biji wijen bertindak sebagai scrub alami membersihkan, memoles gigi dan membantu menghilangkan karang gigi.

Minum Air Putih.

Minumlah air yang secukupnya setelah setiap makan untuk mencuci keluar sisa makanan di mulut. Selain air putih, hindari rokok. Tembakau dapat mengakibatkan terkumpulnya karang gigi di bawah garis gusi.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa anda praktekkan secara mudah di rumah. Jaga kesehatan mulut dan gigi anda karena jika terkena sakit gigi maka akan sangat merepotkan. Rutinlah melakukan perawatan dan jangan malas!

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Mudah . Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih