Akhir 2016 Seluruh Bus di Bandung Wajib Pakai Tiket Elektronik
60 Menit.com - BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) memberi tugas berat bagi Dinas Perhubungan Kota Bandung. Ia menginginkan seluruh bus yang beroperasi di Kota Bandung nantinya tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayaran.

Ia meminta penggunaan smart card atau e-ticketing benar-benar dimaksimalkan. Sehingga nantinya tidak hanya bus Trans Metro Bandung (TMB) yang memakai tiket elektronik.

Saat ini, penggunaan tiket elektronik untuk TMB masih dalam tahap uji coba. Dalam beberapa hari ke depan, penggunaan tiket elektronik akan benar-benar dimaksimalkan.

"Saya bosen dengan yang sifatnya seremoni dan tidak berkelanjutan. Ini saya monitor terus. Akhir 2016, seluruh bus TMB, Damri, dan lain-lain harus pakai smart card," kata Emil, Sabtu (12/3/2016).

Meski tidak mudah diterima semua warga Bandung, ia yakin penggunaan tiket elektronik nantinya akan bisa diterapkan. Ia berkaca pada penggunaan telepon umum dan telepon rumah.

Dulu, telepon umum ada di mana-mana, begitu juga dengan telepon rumah. "Dulu semua orang pakai telepon, lama-lama diganti handphone. Akhirnya negeri ini berubah, dari dulu ada telepon di rumah, sekarang (mayoritas) tidak ada di rumah karena masing-masing sudah punya handphone," jelasnya.

Emil sendiri menjadikan tahun ini sebagai tahun inovasi bagi Pemkot Bandung. Penggunaan tiket elektronik pun sebagai wujud inovasi. Tujuannya agar perputaran uang dalam transportasi tidak dikorupsi oknum petugas.

Sehingga pemasukan yang ada bisa benar-benar dimaksimalkan untuk pembangunan di Kota Bandung, termasuk memperbaiki sarana transportasi.,,(Zhovena)


G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Akhir 2016, Seluruh Bus di Bandung Wajib Pakai Tiket Elektronik. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih