Jalan Braga Bandung – Tetap The Best Of Bandoeng Tempo Doeloe
Salah Satu Sarana Wisata Di Pusat Kota Bandung.

Sebutan ini masih tetap efektif diungkapkan, seiring perkembangan zaman dan perencanaan jalan braga terkini walaupun berkesan umum namun berbeda dengan jalan jalan yang ada dikota bandung lainnya, bahkan terkesan lebih baik, indah dan klasik suasananya dari jalan asia afrika dibanding jalan braga.

Tindakan Pemerintah Kota Bandung lebih condong ke pemeliharaan yang asli dibanding membangun walaupun ada perubahan sedikit pada agregat jalan yang sudah ada, dan ada beberapa perbaikan dalam suasana bangunan di tepi jalan braga yang tampak bagus dari tampilan klasik aslinya itu, maka jalan braga adalah sala satu tujuan bagi penikmat keindahan kota bandung baik pribumi maupun asing, apalagi pada malam hari.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung yang dipimpin oleh H.Herlan J.Soemardi, jeli akan suasana tersebut, dengan perhatian yang fokus terhadap jalan braga lebih ditingkatkan dan hasilnyapun berdampak baik pada Pemerintah Kota Bandung, terbukti hingga kini bahwa jalan braga merupakan maskot salah satu jalan yang ada di kota bandung yang terkenal klasik dan eksotik baik secara nasional maupun inter nasional.   

Jalan Braga Bandung ditempo dulu adalah nama sebuah jalan utama di Kota Bandung, Nama jalan ini cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda. Sampai saat ini nama jalan tersebut tetap dipertahankan sebagai salah satu maskot dan salah satu obyek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Parijs van Java.

Status ini perlu dipertahankan supaya kota bandung tetap menjadi idola masyarakat dunia yang terjaga dari keindahan klasik dan eksotis namun tertata rapih dan bersih sehinga terkesan utuh suasana eropa yang menghiasi kota bandung yang indah.

Tempat Wisata Jalan Braga Bandung berkonsep One Stop Holiday, di pusat Kota Bandung ini merupakan pusat keramaian dan bisnis utama di kota Bandung sejak zaman pendudukan Belanda di indonesia atau pada zaman kolonial, Jalan Braga Bandung sudah dijadikan sebagai jalanan protokoler di kota Bandung sejajar diterusan jalan utama dari arah Gedung Konferensi Asia Afrika.

 

Di sisi kanan kiri sepanjang Jalan Braga Bandung terdapat banyak kompleks pertokoan yang memiliki arsitektur dan tata kota yang tetap mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda. Tata letak pertokoan tersebut mengikuti model eropa yang sesuai dengan perkembangan kota Bandung pada masa itu (1920-1940-an) sebagai kota mode yang cukup termasyhur seperti halnya kota Paris pada saat itu, seperti pertokoan Sarinah, Apotik Kimia Farma dan Gedung tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika Gedung Merdeka ( Societeit Concordia ) maka bentuk kondisi jalannyapun harus seimbang.

Awalnya Jalan Braga Bandung adalah sebuah jalan kecil di depan pemukiman yang cukup sunyi sehingga dinamakan Jalan Culik karena cukup rawan, juga dikenal sebagai Jalan Pedati (Pedatiweg) pada tahun 1900-an. Jalan Braga Bandung menjadi ramai karena banyak usahawan-usahawan terutama berkebangsaan Belanda mendirikan toko-toko, bar dan tempat hiburan di kawasan itu seperti toko Onderling Belang.

 

Kemudian pada dasawarsa 1920-1930-an di sepanjang Jalan Braga Bandung muncul toko-toko dan butik (boutique) pakaian yang mengambil model di kota Paris - Perancis yang saat itu merupakan kiblat model pakaian di dunia.

Dibangunnya gedung Societeit Concordia yang digunakan untuk pertemuan para warga Bandung khususnya kalangan tuan-tuan hartawan, Hotel Savoy Homann, gedung perkantoran dan lain-lain di beberapa blok di sekitar jalan braga bandung ini juga meningkatkan kemasyhuran dan keramaian jalan ini.

Perkembangan yang sedemikian rupa tempat wisata di Jalan Braga Bandung waktu itu ternyata memunculkan juga ekses negatif-nya,hal itu dimulai dan ditandai munculnya hiburan-hiburan malam dan kawasan lampu merah (kawasan remang-remang) di kawasan ini yang membuat Jalan Braga Bandung sangat dikenal turis. Dari sinilah istilah kota Bandung sebagai " Kota Kembang " mulai dikenal. Sehingga perhimpunan masyarakat warga Bandung saat itu membuat selebaran dan pengumuman agar "Para Tuan-tuan Turis sebaiknya tidak mengunjungi Bandung apabila tidak membawa istri atau meninggalkan istri di rumah".

Kini keramaian jalan braga lebih eksotik lagi diwaktu malam, disana banyak para pasangan muda mudi yang menikmati suasana malam dengan nuansa yang terang benderang sambil nyantap makanan yang tersedia dilokasi jalan braga. kalau kita ukur dengan estetika dan norma budaya ini sudah bukan bandung lagi, tapi hal ini perlu adanya penataan budaya asli bandung yang mengerucut pada estetika budaya asli bandung yang jauh terkesan pulgar sehingga tidak mendorong pada penilaian negatip

 

Braga City Walk adalah Jalan Braga Bandung Terkini.

Apabila anda tadi sudah dikenalkan dengan sejarah dan latar belakang bagaimana awal kepopuleran Jalan Braga Bandung yang memiliki panjang kurang lebih 700 meter ini, dimana sekarang kita tahu, bahwa tempat inilah yang pertama kali memunculkan istilah nama Bandung " kota Kembang ".

Jalan Braga Bandung sekarang dengan dahulu jelas berbeda tapi tetap sama. bedanya adalah infrastruktur bangunan serta kehidupan masyarakatnya sekarang berada di zaman modern, dan kesamaannya adalah suasana tempat dan sejarah yang selalu melekat dengan tempat ini, sebagai pusat mode dan tempat ekslusif bagi tempat wisata di kota Bandung, walaupun kini semakin kurang aura segi wisatanya.

Braga City Walk, Adalah sebuah kawasan terpadu atau biasa dengan sebutan istilah One Stop Holiday merupakan citra dari Jalan Braga Bandung sekarang.Braga City Walk sebuah kawasan yang berkonsep gabungan dari beberapa pusat keramaian seperti Shopping Mall Bandung, Kondominium, maupun Bandung Hotel. Di sekitar Braga City Walk sendiri banyak terdapat bangunan kuno yang kerap dijadikan sebagai backgorund berfoto-foto, terutama bagi mereka yang datang ke Bandung dan ingin mengabadikan momen-momen penting.

Tempat Wisata Braga City Nite Di Bandung, kawasan Jalan Braga Bandung ini, merupakan suatu kawasan hiburan dan tempat perbelanjaan yang menjadi favorit pengunjungnya. Biasanya kondisi Braga City akan tampak sangat ramai ketika akhir pekan atau liburan anak sekolah. Akan terlihat muda-mudi Bandung yang berlalu-lalang yang nampak sangat menikmati suasana di Braga City Walk ini. Jika Anda berkunjung maka dipastikan akan ikut larut dalam suasana yang ramai namun tetap santai.

 
Salah satu tempat wisata yang menjadi pusat lokasi hiburan di Jalan Braga Bandung yakni Cinema XXI Braga, dimana Anda dan banyak orang lainnya biasa menyaksikan aneka film pilihan. Didalamnya juga terdapat beberapa foodcourt dan beberapa tempat fashion lainnya. Braga City Walk semakin dilengkapi dengan hotel dimana Anda bisa menginap didalamnya sehingga mudah mengakses Braga City maupun lokasi lainnya yang masih berdekatan.

Di Sekitar Jalan Braga Bandung ini pula, anda bisa mengunjungi lokasi wisata yang tak kalah menariknya karena dengan berjalan kaki pun anda bisa menjangkaunya sambil menikmati kota bandung. Di sekitar kawasan Jalan Braga terdapat pula tempat menarik lainnya untuk di kunjungi seperti Gedung Merdeka Bandung, Alun-alun Bandung, Mesjid Agung Bandung. (adv)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Jalan Braga Bandung – Tetap The Best Of Bandoeng Tempo Doeloe. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih