Kegiatan Jumling (Jum,atan Keililing) di Masjid At – Taqwa


BANDUNG, 60MENIT.COM - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial melaksanakan kegiatan rutin Jumling (Jum’atan Keliling) di Masjid At Taqwa Jalan Kebon Sirih Kelurahan Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung, Jumat 15/04/16.

Dalam dakwah nya oded berkata “ Ketika Allah swt menciptakan mahluknya yaitu manusia, sekaligus Allah memberikan sebuah takdir tanggung jawab amanah kepada manusia untuk menjadi khalifah pemimpin di muka bumi, karna Allah memberikan amanah kepada manusia untuk menjadi seorang pemimpin. Allah telah membuat dan merancang dalam bentuk paling sempurna. 

Karna bebannya sangat besar yaitu memimpin. Berbeda dengan Allah menciptakan malaikat, Allah menciptakan setan dan iblis. Allah merancang manusia sangat luar biasa sebagai khalifah. Yaitu untuk Memelihara bumi yang dibuatnya”, ujarnya.

manusia memiliki 4 hal yang lebih unggul dari pada mahluk ciptaan lainnya. Pertama manusia mempunyai raga, mempunyai rasio, mempunyai hasrat, dan mempunyain roh.

“Artinya ke empat element ini Penting untuk kita pelihara, mengelola dan mengembangkan potensi yang allah berikan kepad kita karena kita mempunyai mempunyai amanat dari allah sebagai khalifah”, ujarnya.
Islam secara rinci mengolah raga kita yang dimiliki sangat sempurna. Al Qur’an ini sangat luar biasa, yaitu memiliki pola dan konsep cara mengolah raga kita.

Kebutuhan manusia secar fisik yang pertama, raga manusia butuh asupan makanan, urusan makan dan minum saja Al Quran begitu rinci. Makanlah makanan kalian, minumlah minuman kalian, makan dan minumanlah yang halal. Itu konsep Al Quran tentang nutrisi dan kebutuhan.

“Mempraktekan untuk memenuhi kebutuhan fisik tubuh yaitu dengan cara makan dan minum yang sehat. Berfungsi untuk menjaga tubuh agar sehat. Jauhilah mengkonsumi makanan yang di haramkan oleh agama. Seperti mengkonsumsi rokok, narkoba dan minuman keras yang bisa menyebabkan kematian”, ujarnya.
Kedua adalah Olah rasio yang hanya dimiliki manusia yang diberikan oleh Allah. Kemampuan daya pikir kita yang bisa mengolah rasio ini tentu dengan konsep Al Quran.

“Kalo kesadaran spiritualnya kuat, intelektualnya kuat maka akan menjadi seorang pemimpin yang seimbang untuk menghasilkan kholifah yang dipercayai oleh orang-orang”, ujarnya.

Perlu adanya juga olah rasa atau hasrat yang harus duikembangkan di hati maupun di Qolbu kita. Allah turunkan Al Quran yang mempunyai fungsi, mempunyai dimensi, untuk bisa menyembuhkan penyakit yang ada dihati manusia bukan pikiran.

“Maka dari itu banyaklah berdzikir kepada Allah dan membaca Al Quran. Insyaalah apabila kita ingin menjaga Qolbu maka baca Al Quran minimal satu Juz setiap hari seperti para sahabat rosul”, ujarnya.

Terakhir yaitu Olah roh iman yang kadang naik kadang turun. Bagaimana caranya agar iman selalu naik dan stabil, maka dari itu kita harus di olah dari sekarang. Yaitu sering lah kita mendatangi majelis ta’lim, adakan pengajian-pengajian dan bersedekah.“Kalo kita jadi pemimpin baik di tingkat keluarga, tingkat lingkungan bahkan lebih besar, maka insyaalah kita akan menjadi pemimpin yang baik ahlaknya dengan melakukan ke empat hal tersebut”, pungkasnya. (AL)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Mang Oded : Manusia Itu Sebagai Khalifah untuk Memelihara bumi yang Allah SWT. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih