Sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, "Merencanakan, membina, mengkoordinasikan, mengevaluasi, dan mengendalikan kegiatan kebudayaan dan pariwisata di Kota Bandung" maka merupakan salah satu tanggung jawab kinerjanya untuk mengembangkan kebudayaan dan kepariwisataan yang ada di kota bandung.

Peringatan Hari Jadi Kota Bandung yang (HJKB) ke 206 tepat pada tanggal 25 September 2016 adalah salah satu moment yang tepat bagi Disbudpar untuk mempromosikan budaya dan wisata yangb ada di kota bandung, sehingga kepala bidang promosi pariwisata (Kenny Dewi Kaniasari) meningkatkan sepak terjangnya mengenalkan pada seluruh penjuru dunia untuk bisa menikmati indahnya kota bandung dan bisa menikmati budayanya.

Untuk hasil yang maksimal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung persiapkan peringatan Hari Jadi Kota Bandung Ke-206 sejak dini, terbukti dengan kinerjanya Kepala Bidang Promosi Disbudpar melalui pendekatan ke beberapa negara, hasilnya ada 9 (sembilan) Negara yang melirik pada kegiatan HJKB tersebut.

"Ada delegasi dari sembilan negara di Amerika Selatan yang akan ikut serta dalam Summer Food Festival pada 20 Agustus di Balai Kota," ujar Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari, di Balai Kota Bandung (3-08-2016)

Ajang peringatan hari jadi ke-206 Kota Bandung pada 25 September nanti sudah dilirik sembilan negara yang akan turut hadir memeriahkan acara. Untuk menarik lebih banyak jumlah wisatawan, Pemerintah Kota Bandung mengintensifkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata.

Kesembilan negara tersebut adalah ‎Argentina, Brasil, Cile, Ekuador, Karibia, Kolombia, Kuba, Peru, Suriname, dan Venezuela. Kenny mengatakan mereka penasaran dengan kuliner Bandung.

Selain Summer Food Festival, rangkaian hari jadi Kota Bandung juga akan diisi dengan Soanten Fest atau festival musik indie di Bikasoga Sport Center pada 3 September 2016, Bandung Great Festival pada 10 September-9 Oktober 2016, Funtastic Day di Balai Kota pada 25 September 2016. Selain itu, ada Bandung Light Fest di Jalan Diponegoro-Jalan Asia Afrika pada 9 Oktober 2016 dan Bandung Inframe Photo Competition pada 16 September-10 Desember 2016.

Kenny mengatakan, sinergi dengan komunitas dan elemen masyarakat lainnya tetap dibuka. Acara-acara berbasis budaya Sunda juga tengah disusun. "Biasanya ada 50 kegiatan yang mendaftar ke kami, sekarang baru dua. Silakan yang ingin bersinergi atau menyinkronkan kegiatannya dengan HUT Kota Bandung bisa mendaftar," ujar dia.

Selama tiga bulan rangkaian acara tersebut, Disbudpar menargetkan bisa menggaet sampai 1.000 wisatawan mancanegara. Dari 6,061 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung, jumlah wisatawan asing baru satu persennya.

Kenny Dewi Kania
Rangkaian Event Hari Jadi Kota Bandung ke-206 Tahun 2016


Sesuai jadwal dalam Calender Of Event Disbudpar, pada Bulan Agustus Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Bandung ke-206, Disbudpar Kota Bandung akan menyelenggarakan acara Milangkala Bandung Festival 2016.

Kepala Bidang Promosi Wisata Disbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari memaparkan bahwa acara ini diselenggarakan dalam tujuh rangkaian yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan Oktober.

“Setiap rangkaian acara ini berbeda-beda, diharapkan masyarakat berpartisipasi untuk menikmatinya, karena selama 3 bulan kota Bandung lebih meriah dari sebelumnya,” jelasnya di Balai Kota Bandung, Selasa (2/8/2016).

Kenny menambahkan kegiatan yang ada di Milangkala Bandung Festival 2016 Rangkaiannya yaitu Summer Food Festival, Soanten Fest, Bandung Great Sale, Funtastik Day, Bandung Lightfest, dan Fermenstation.

“Tahun ini akan ada 9 negara Amerika Selatan seperti Argentina, Brazil, Chili, Ekuador, Karibia, Kolombia, Kuba, Peru, Suriname, dan terakhir Venezuela untuk memeriahkan acara ini,” jelasnya.

Milangkala ini juga mengadakan lomba fotografi bernama Inframe Photo Competition. Tema lombanya yakni Lets Go Explore Bandung. Ada lima kategori yang dilombakan diantaranya Festival Budaya, Landscape, Arsitektur, Human Interest, dan kuliner.

Hasil foto dari peserta yang mengikuti lomba fotografi ini akan dibuat album untuk kenang-kenangan dan wujud apresiasi atas partisipasi warga Bandung yang mengikuti lomba ini.

Kenny menambahkan, terhitung tanggal 10 September sampai dengan 9 Oktober 2016 acara ini akan digelar di seluruh pelosok Kota Bandung, dimana masyarakat Kota Bandung dan wisatawan domestik maupun asing mendapatkan potongan harga atau bonus belanja yang diberikan oleh para pelaku bisnis yang ikut berpartisipasi.

“Acara Bandung Great Sale ini merupakan salah satu tools atau cara untuk meningkatkan indeks kebahagiaan sesuai dengan harapan Wali Kota Bandung untuk meningkatkan indeks kebahagiaan warga Bandung,” kata Kenny.

Untuk Tahun depan Disbudpar berencana akan membangun Bandung Art Market. Konsep dari bangunan ini yaitu galeri seni yang akan di pamerkan. Galerinya berupa seni lukis, pahat, patung, dsb.

“Harapannya dengan diadakannya rangkaian ini Kota Bandung akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing, karena Bandung mempunyai tempat wisata kuliner, fashion, dan festival yang menarik untuk dikunjungi dan wisata pendidikan yang mumpuni,” pungkas Kenny.

Sesuai Dengan Calendar Of Event Disbudpar 2016, Milangkala Bandung Festival (MBF) 2016 bakal digelar dalam rangka Hari Jadi Kota Bandung ke-206. Beberapa kegiatan akan diadakan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung dari festival kuliner, Bandung Great Sale, kompetisi foto, hingga penas band indie Bandung.

Untuk lebih menarik lebih banyak jumlah wisatawan, Pemerintah Kota Bandung mengintensifkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata. Dimana, ada delegasi dari sembilan negara di Amerika Selatan yang akan ikut serta dalam Summer Food Festival pada 20 Agustus di Balai Kota. Kesembilan negara tersebut adalah ‎Argentina, Brasil, Cile, Ekuador, Karibia, Kolombia, Kuba, Peru, Suriname, dan Venezuela.

Selama tiga bulan rangkaian acara tersebut, Disbudpar menargetkan bisa menggaet sampai 1.000 wisatawan mancanegara. Dari 6,061 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung Sementara acara milangkala (ulang tahun) Kota Bandung tahun 2016 ini akan dimulai dari Agustus hingga akhir tahun.

Berikut ini beberapa acara yang akan digelar dalam memperingati Hari Jadi Kota Bandung ke-206 tahun 2016.

1. Summmer Food Festival
Lokasi: Balai Kota Bandung
Tanggal: 20 Agustus 2016
Deskripsi:
Event ini merupakan pembuka rangkaian acara Milangkala Bandung Festival (MBF) 2016. Event culinary night ini dimeriahkan oleh delegasi dari sembilan negara Amerika Selatan seperti Argentina, Brazil, Chili, Ekuador, Karibia, Kolombia, Kuba, Peru, Suriname, dan Venezuela. Para pengunjung juga akan dihibur oleh performa musik dan pentas seni budaya sambil menikmati sajian kuliner.

2. Soanten Fest 2016
Lokasi: Bikasoga Sport Center (tentatif)
Tanggal: 3 September 2016
Deskripsi:
In merupakan festival musik indie bertema audisi band. Acara ini sengaja digelar jauh dari tengah kota. Dengan tujuan agar kemeriahan HUT Bandung juga dapat dirasakan di daerah-daerah yang jauh dari tengah kota Bandung. Peserta band akan diaudisi secara online dan 5 peserta terbaik akan tampil secara langsung di panggung Soanten Fest. Acara ini diharapkan akan menarik perhatian, khususnya anak muda dengan tujuan melahirkan band baru untuk dapat berkreasi dan berkompetisi di industri musik Indonesia.

3. Bandung Great Sale 2016
Lokasi: Kota Bandung
Tanggal: 10 September-9 Oktober 2016
Deskripsi:
Bandung Great Sale akan digelar di Kota Bandung. Masyarakat Kota Bandung dan terutama para pengunjung dari luar kota bahkan mancanegara. Bisa mendapatkan potongan harga atau bonus belanja yang diberikan oleh para pelaku bisnis yang ikut serta.

Disbudpar Kota Bandung menargetkan event ini akan diikuti resto, kafe, hotel, mall, departemen store, FO, distro, tempat hiburan keluarga di Kota Bandung. Selain itu tidak menutup kemungkinan pertokoan atau pasar tradisional dapat ikut serta mendukung acara Bandung Great Sale.

4. Funtastik Day
Lokasi : Balai Kota Bandung (tentatif)
Tanggal: 25 September 2016
Deskripsi:
Ini adalah kegiatan antarkomunitas yang ada di Kota Bandung dengan berkreasi menggunakan kostum unik. Setiap komunitas dapat mengirimkan 10-20 orang untuk mengikuti kegiatan ini dan memperebutkan hadiah dari tiga kategori:

a. Thes Best Costume (perseorangan)
b. The Best Group (komunitas)
c. The Best Yell-Yell (komunitas)

Kegiatan ini diadakan disela-sela Bandung Great Sale 2016 bertujuan untuk memberikan hiburan bagi para pengunjung yang sedang menghabiskan waktu di Bandung.

5. Bandung Light Fest 2016
Lokasi : Jalan Diponegoro-Jala Asia Afrika (tentative)
Tanggal : 9 Oktober 2016
Deskripsi:
Bandung Light Fest 2016 ini akan diramaikan oleh pawai kendaraan lampu hias. Tahun ini tema yang diangkat adalah Robot Galactica. Dengan memperebutkan piala Wali kota Bandung dan hadiah utama maka semua peserta pawai kendaraan hias ini akan menampilkan performa terbaik dan ide yang kreatif. Selain SKPD Pemkot Bandung, perusahaan swasta juga bisa untuk mendaftatkan diri untuk terlibat dalam kegiatan kali ini.

Sementara rute yang digunakan Jalan Diponegoro dan berkahir di Jln. Asia Afrika. Ditargetkan ada lebih dari 50 kendaraan hias yang akan meramaikan acara Bandung Light Fest 2016.

6. Bandung Inframe Photo Competition 2016Lokasi : Kota Bandung
Tanggal : 15 September-10 Desember 2016
Deskripsi:
Disbudpar Kota Bandung mengadakan sebuah kompetisi fotografi yang bertajuk Bandung Inframe Photo Competition. Tema yang diangkat adalah Lets Go Explore Bandung, yang memiliki misi mengabadikan dan mempromosikan sisi eksotis pariwisata Kota Bandung melalui sebuah foto.

Ada lima kategori yang dilombakan yaitu Festival Budaya, Landscape, Arsitektur, Human Interest dan kuliner. Kompetisi fotografi ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas. Tentang keindahan pariwisata Kota Bandung yang diabadikan ke dalam sebuah foto, yang nantinya akan menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung.

Pendaftaran dan periode lomba: 15 September - 15 Oktober 2016

7. Fermenstation 2016
Lokasi : ITB dan Cikapundung Riverspot
Tanggal : 29 Oktober 2016
Deskripsi:
Ini merupakan event olaborasi antara desainer dan scientist. Lebih dari sekedar mengedukasi masyarakat tentang fermentasi. Fermenstation 2016 hadir sebagai bentuk kontribusi mahasiswa, untuk menggerakan roda perekonomian industri kreatif dan meningkatkan kesejahteraan pelaku industri kecil di Kota Bandung. Dengan mengaplikasikan keilmuan deainn dalam pengembangan produk inovasi pangan untuk meningkatkan nilai produk fermentasi, membantu petani, mengelola kualitas dan cita rasa pangan indonesia.

Melalui produk makanan fermentasi sebagai hasil inovasi pangan, karya mahasiswa mikrobiologi ITB dan dibantu oleh mahasiswa desain produk ITB dalam pengembangan desain kemasan yang baik. Fermenstation 2016 akan diisi oleh beberapa pre-event di ITB dan akan ditutup dengan puncak acara Food Festival dan Wahana Interaktif pada tanggal 29 Oktober 2016 di Cikapundung Riverspot


Obral Besar Besaran Di HJKB Kota Bandung 2016

Program diskon yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ini diadakan mulai di mal-mal hingga tukang baso cuanki, termasuk pelayanan rumah sakit dan biaya pijat.

Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, 'Bandung Great Sale' akan menjadi perayaan istimewa. Masyarakat dapat memperoleh potongan harga untuk pembelian baik barang maupun makanan.

"Great Sale di Bandung istimewa dari mal besar sampai tukang cuanki akan diskon, dari pelayanan rumah sakit sampai biaya pijat diskon. Jadi semua berpartisipasi memberikan suasana di Bandung sedang berpesta diskon," katanya, Selasa (16/8/2016).

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, pesta diskon di semua transaksi dapat meningkatkan gairah ekonomi, bukan hanya barang-barang yang tergolong kebutuhan kelas menengah.

Guna menyukseskan pesta diskon dalam semarak perayaan Hari Jadi Kota Bandung ini, Pemkot Bandung akan membagikan stiker kepada pedagang yang akan berpartisipasi sehingga memudahkan pembeli.

"Kami akan imbau karena belum tentu semuanya mau, tapi kita sudah arahkan dari warung kecil sampai mal besar. Jadi ekonomi bergerak karena semua orang senang diskon," kata Emil.

Besaran nilai diskon diserahkan kepada masing-masing pemilik usaha. Semakin besar diskonnya, maka akan semakin diminati, sehingga keuntungan yang didapat penjual juga barang dagangannya bisa dibeli lebih banyak.

"Biasa pembeli beli satu dengan harga sekian bisa membeli lima karena harganya turun, ini psikologis," ucapnya.

Pesta diskon yang akan menjadi agenda rutin tiap tahun ini diharapkan menjadi dukungan penyelenggaraan PON XIX Jabar September 2016. Para tamu yang datang ke Kota Bandung dapat ikut merasakan kemeriahan hari ulang tahun kota Bandung.

"Dalam rangka mendukung PON juga. Kami kan tuan rumah, banyak tamu seluruh Indonesia datang. Dihormati salah satunya dengan belanja dan ekonomi kami bergerak karena di Bandung mah kota dagang kota belanja," ungkapnya. (Adv-Zhovena)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Disbudpar Oftimalkan Peringatan HJKB Ke 206 Tahun 2016 dengan Budaya dan Wisata. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih