-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


PENGURUS DPD PSI JAWA BARAT DILANTIK (UNTUK MASA BAKTI TAHUN 2017 – 2022) SILIWANGI NGAJADI BUKTI

60menit.com
Jumat, 24 Maret 2017



BANDUNG, 60menit.com – Kamis (23-03-2017) Pejuang Siliwangi Indonesia (PSI) DPD Provinsi Jawa Barat dilantik dengan Ketua DPD terpilih Brigjen (Purn) DR.Ir. Nasep Rachmat S.Sos dan Ketua Harian Drs. Rd.H. Yayat Sudaryat M.Si dari hasil pemilihan dengan cara aklamsi pada Musyawarah Daerah (Musda) Jawa barat di Bandung pada tanggal 27 s/d 29 Januari 2017, pelantikan dihadiri oleh Gubernur Jabar beserta ibu, Pangdam III Siliwangi, Walikota Bandung dan Jajarannya, Sesepuh Pendiri Siliwangi yang ada dan Ormas PSI se Indonesia. 

PSI adalah salah satu ormas yang ada di Indonesia yang merupakan cikal bakalnya organisasi organisasi kemasyarakatan yang lainnya. PSI ini dibentuk pada tahun 1922 di Sagala Herang Kab. Subang  yang dipelopori oleh Rd. Ama Pura Diredja dan dibantu beberapa kiyai termashur disaat itu diantaranya Ajengan Sanusi (gunung puyuh) Kiyai  Tajur Arufin (Banten) bersama beberapa muridnya yaitu HM.Sadiukin dan HR. Darsono.

Tujuan dibentuknya PSI pada saat itu adalah untuk memperkuat jatidiri warga negara indonesia dalam mempertahankan NKRI untuk menolak ideologi asing dari doktrin penjajah yang ingin merebut negara indonesia pada saat itu, dengan gemblengan para kiyai termashur untuk memperkuat jatidiri melawan penjajah yang penuh dibekali ilmu beladiri (pencak silat) dan akidah islamiyah sehingga bangsa indonesia bisa melawan penjajahan belanda.

PSI berawal dari kepanjangan Porum Silaturahmi Indonesia lalu berubah menjadi Partisan Siliwangi Indonesia dan pada tahun 1996 hasil munas di lampung yang diteruskan di Cibubur PSI dirubah menjadi Pejuang Siliwangi Indonesia Oleh Panglima RI (Jend. Faisal Tanjung) yang berdasarkan pada sejarahnya PSI ini adalah bentukan dari para pejuang Siwingi yang kokoh, beriman, jujur, ikhlas membela negara untuk melawan para penjajah belanda.

Untuk membentuk kader kader pemimpin bangsa PSI terus berkiprah yang bertujuan meneruskan perjuangan  leluhur untuk memperkokoh dan mempertahankan NKRI dari segala rongrongan pembelot bangsa yang bertujuan merubah ideologi negara, yang jelas pada saat itu adalah bahayanya doktrin komunis yang menyebar drastis di setiap daerah, maka pancasila sebagai dasar negara indonesia dikesampingkan hingga pemberontakan PKI pun terjadi. 

Untuk membasmi doktrin dan ajaran komunis maka terasalah manfaat adanya PSI, yang terus menggembleng ajaran ilmu agama, ilmu beladiri dan penguatan ideologi pancasila pada generasi penerus sebagai pejuang bangsa yang memperkokoh rasa nasionalisme kebangsaan dalam ikatan NKRI seutuhnya.
Dari sela-sela pelantikan, Serkjen PSI DPD Jabar (Drs. Chepy Paridi Hikmat) mengatakan “ Bila kita lihat pada saat ini bahwa carut marutnya gejolak yang ingin merubah tatanan bangsa  sudah tidak bisa terkendali seperti adanya Proxy War (perang boneka / yang memecah belah bangsa) hal ini sedang berlanjut di tengah masyarakat dan ini adalah suatu indikasi yang harus kita cegah maka PSI akan ikut mengawal tatanan yang sudah ada dengan betuk pengawalan pemerintahan dengan cara bagaimana kita bisa menjadi duta kerjanya, menopang dikesatuan tentara republik indonesia dan bagaimana kita harus masuk ke dunia masyarakat yang sesungguhnya dan disinilah peran PSI yang harus kembali pada hitohnya yaitu mengembalikan rasa persatuan dan kesatuan bangsa NKRI dengan dasar dari mana kita berada dari mana kita berasal supaya hal ini tidak kebablasan, dan inilah salah satu tujuan dari para pendiri PSI”

Salah satu bentuk wujud nyata dari peran PSI dalam pembangunan di kewilayahan dan andil memajukan bangsa sudah bterbukti di lampung dan sekitarnya maka pemerintah membangun sebuah tugu dengan tulisan PEJUANG SILIWANGI sebagai bentuk penghargaan kepada PSI, dengan pembelajaran tersebut PSI Jabar tetap berkibar, walaupun 2 tahun ke belakang stagnan tapi sleping beauty (Tidur Cantik) walaupun terdiam tapi yang diluar daerah tetap cantik makanya di pelantikan ini kami ngambil tanggal 23 Maret yang bertepatan dengan hari jadinya bandung lautan api sehingga kita dari PSI bisa menitipkan KOBAR SEMANGAT BANDUNG LAUTAN API dengan mengawal, menciptakan, berdinamika berkorelasi dengan semua elemen masyarakat hingga pihak pemerintahpun bisa menerima PSI sebagai simbiosis mutualistis. Pebedaannya dengan Ormas lain bahwa PSI ini adalah sebuah organisasi kejuangan karena bergerak dari nilai nilai ideologi.

Dengan dasar ini maka PSI akan mengundang semua organisasi yang mengatasnamakan SILIWANGI supaya organisasi tersebut memiliki kesamaan visi dan misi karena PSI ini adalah cikal bakalnya semua organisasi siliwangi yang berdasrkan pada tema WANGSIT SILIWANGI yang bertema pada  moto Silih Asih Silih Asah Silih Asuh Silih Wangi. Yang mencetuskan ini adalah partisan siliwangi yang dinamakan sekarang ini adalah Pejuang Siliwangi Indonesia “Pungkas Chepy.
(Zhovena)