-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Aksi Gerakan Senyum Nasional Oleh Dompet Dhuafa

60menit.com
Senin, 01 Mei 2017






 

JAKARTA, 60MENIT.COM – Dompet Dhuafa hadir ditengah-tengah masyarakat Yogyakarta dan Solo untuk membawa pesan ‘Sehat Milik Semua’ dengan aksi Gerakan Senyum Nasional (GENYUMNAS).

Yogyakarta dan Solo menjadi 2 Provinsi dan 2 Kota pertama diselenggarakannya rangkaian event ‘GENYUMNAS’ dengan merangkul seluruh elemen masyarakat di dua kota tersebut. Selain elemen masyarakat ada elemen dari komunitas bikers yang datang dari wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.
“Ini untuk menjalin silahturahmi diantara kalangan komunitas bikers maupun komunitas yang hadir,” ujar Direktur Utama Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan, Minggu (30/4).

Genyumnas sendiri memiliki tujuan membuat masyarakat bisa tersenyum dan tertawa karena sehat di 5 bidang kehidupan, terutama untuk dhuafa. Tersenyum, kata dia, adalah tanda kepuasan dan kebahagiaan.

Sedangkan, tujuan diadakan event ini yakni membuat rakyat kecil bisa tersenyum dan tertawa karena sehat di 5 (lima) bidang kehidupan. Diantaranya, ekonomi, kesehatan, pendidikan, budaya & nilai, serta iman & takwa (5 in 1 dan 1 in 5).

Kelima faktor tersebut saling terkait, program pemberdayaan dalam upaya pengentasan kemiskinan bisa melalui salah satu faktor dari lima bidang ersebut sebagai pintu masuk/wadahnya.

“Pada event Genyumnas melibatkan ratusan abdi dalem untuk mendapatkan pengobatan gratis, puluhan bakul jamu, produk pemberdayaan susu Dompet Dhuafa serta puluhan hingga ratusan tim relawan medis yang siap melayani masyarakat dengan senyuman,” jelas Imam.

Untuk mewujudkan sekaligus menghindari penyebab utama lingkaran setan kemiskinan, lanjutnya, adalah dengan memberikan layanan kesehatan holistic. Sehat yang dimaksud adalah sehat fisik, sehat kantong, sehat pikiran, sehat perasaan dan sehat rohani.

“Layanan ini adalah perpaduan metode pengobatan barat dan metode terapi timur komplementer,” katanya.

Sementara di kota Solo yang akan bertempat di Solo Zoo dengan kerjasama pihak kebun binatang Solo, Dompet Dhuafa menggalakan kesehatan serta memperkenalkan produk-produk pemberdayaan ekonomi seperti payung lukis, pemeriksaan kesehatan mata gratis serta lomba lukis dengan media payung yang diikuti oleh ratusan anak-anak.

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).

Selama 23 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. //Maulana