-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Bupati Bandung Bentuk Tim Perbaikan Rumah Akibat Banjir Bandang

60menit.com
Kamis, 04 Mei 2017


                  Banjir bandang di Pasir JambuKabupaten Bandung. Foto: Dokumen SAR Gabungan Jawa Barat

Kabupaten Bandung, 60MENIT.COM - Hujan lebat yang disertai angin kencang yang mengakibatkan Bandung  raya banjir, termasuk kota Bandung dibeberapa lokasi dan lebih parahnya  lagi Kabupaten Bandung yaitu ciwidey dan pasir jambu, Bupati Bandung Dadang M. naser mempersiapkan tim khusus (timsus) untuk memperbaiki rumah warga korban banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Ciwidey dan Pasirjambu. Tercatat 27 rumah rusak akibat bencana tersebut. Korban jiwa nihil.

"Kami akan rapat dulu untuk membentuk timsus. Saat ini BPBD fokus untuk melakukan penyelamatan," kata Dadang saat di rumah dinasnya, Soreang, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu malam (3/5/2017) Kabupaten Bandung merupakan wilayah urutan ke dua di Jabar dan ke empat di Indonesia daerah rawan bencana alam. Selain terfokus melakukan penghijauan di daerah Kertasari, Pemkab Bandung gencar menghijaukan Ciwidey dengan melibatkan Komunitas Leuweung Sabilulungan. 

"Kami terus melakukan penghijauan di wilayah Ciwidey, tapi pohonnya masih kecil-kecil," ucapnya.

Menurut Dadang, banjir bandang tidak mengenal kawasan gundul dan tidak gundul. Ia prihatin dengan peristiwa tersebut. 
Ia menghimbau warga Kabupaten Bandung agar tetap meningkatkan kewaspadaan saat hujan intensitas tinggi. Dadang berencana meninjau lokasi banjir bandang yang menerjang dua kecamatan tersebut. 

Dengan kejadian banjir saat ini Dadang pun mengungkapkan bahwa banjir di ciwidey dan pasirjambu merupakan banjir yang paling besar dibanding sebelumnya, bahkan banjir ciwidey tidak pernah terjadi, sehingga kami akan selalu mengadaka penyuluhan demi tertatanya lingkungan hijau ciwidey akan selalu kami pertahankan sebagai daerah wisata" Pungkasnya. // Zhove