-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kemacetan Akibat Pusat Perbelanjaan Trans Mart Bojongsoang Dishub Kota Bandung Harus Bertindak

60menit.com
Senin, 01 Mei 2017

 BANDUNG, 60MENIT.COM - Para Pengendara terpaksa bersabar karena arus lalu lintas jalur Tol Purbaleunyi mulai macet semenjak belokan tol menuju keluar Gerbang Tol (GT) Buahbatu, kemacetan ini akibat telah diresmikannya salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Bojongsoang. Menurut Manajer Lalu Lintas Tol Purbaleunyi, Agus Pramono, kepadatan hingga 3 kilometer dari GT Buahbatu.


Agus menuturkan, acara sejak telah diresmikannya pusat perbelanjaan sampai saat ini senin (1-05-2017) di Jalan Bojongsoang pun menyebabkan kemacetan di jalur protokol. Kepadatan ini mulai terasa sejak pukul 15.00 WIB.

Kemacetan ini ternyata dimulai dari perempatan buahbatu hinngga bojongsoang bukan di gerbangtol buah batu saja yang diperkirakan hingga 5 KM.

"Karena ada pusat perbelanjaan baru ini macet imbasnya ke jalan non tol hingga jalur tol juga," ujar Agus kepada wartawan 60Menit.com, senin (1/05/2017).

Agus pun sudah mengimbau para pengendara untuk tidak menggunakan jalur keluar GT Buahbatu dan disarankan melalui GT Cileunyi, namun menolak.

"Kita coba alihkan ke GT Cileunyi, mereka (pengendara) tidak mau, jadi ini tambah macet. Terlebih lagi ini weekend, jadi menambah kepadatan karena volume kendaraan," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau para pengguna kendaraan menghindari GT Buahbatu, dan bisa keluar dari GT Pasirkoja, Kopo, atau Mohammad Toha.

"Sudah koordinasi dengan PJR (Patroli Jalan Raya) kita urai kemacetan dengan mengarahkan lajur 3 khusus ke Cileunyi, sedangkan lajur 1 dan 2 untuk Buahbatu. Untuk yang mengarah ke Buahbatu, saya imbau untuk keluar di gerbang tol terdekat," tegasnya.

Karena kemacetan ini terasa juga setiap hari dari jam 16.00 hingga 20.00 WIB maka Dinas Perubungan Kota Bandung perlu mengkaji efek telah dibukanya trans mart bojong soang, yang mungkin bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung.


Karena hal ini sangat merugikan sekali warga pengguna jalan yang menggunakan jalan terusan buahbatu yang biasanya lancar kini tersandung kemacetan yang parah, salah satu contoh ; warga ciganitri keluar tol buah batu menuju ciganitri dengan waktu selama 3 jam lamanya, yang biasa hanya ditempuhselama 20 menit saja.

Karena banyak warga kabupaten bandung yang beraktifitas di kota bandung untuk mencari kehidupan kini mengeluh dengan adanya pusat pembelanjaan bojongsoang (Trans Mart) yang telah mengubah kelancaran laju kendaraan bojongsoang - buahbatu yang dudlu lancar kini macet hingga 7-10 km yang diukur oleh waktu kurang lebih hingga 4 - 5 jam kemacetan.

Hal ini akan menambah buruknya sistem dan pola transfortasi pemerintah Kota bandung khususnya yang mana beberapa bulan kebelakang kota bandung telah menerima penghargaan tentang kelancaran transfortasi kendaraan.*** //Zhove