-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Delapan Layanan Mudah Bayar Pajak

60menit.com
Sabtu, 19 Agustus 2017


BANDUNG, 60MENIT.COM – (19-08-2017) PAJAK daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan daerah. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan pajak daerah yang dipungut oleh pemerintah provinsi dan menjadi salah satu penyumbang terbesar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jawa Barat.

Oleh karena itu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diberikan tugas sebagai pemungut pajak daerah dituntut untuk terus melakukan inovasi dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat sebagai wajib pajak (WP) dalam melaksanakan kewajibannya membayar PKB.
  • E-SAMSAT JABAR
E-Samsat Jabar merupakan layanan regident kendaraan bermotor secara elektronik, pembayaran PKB, dan SWDKLLJ yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun di 64 ribu lebih ATM Bank yang telah bekerjasama dengan Tim Pembina Samsat Jawa Barat.

Model pelayanan E-Samsat Jabar telah direkomendasikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk direplikasi dan diimplementasikan di 17 Provinsi.

Melalui E-Samsat Jabar, masyarakat sebagai wajib pajak akan mendapatkan keuntungan berupa waktu yang diperlukan untuk mengurus pembayaran pajak lebih singkat, ketepatan dalam perhitungan PKB, dan waktu pembayaran yang lebih fleksibel.
  • SIPOLIN
Layanan dimaksud adalah Sistem Informasi Pelayanan Pajak Online. Melalui Sipolin akan mempermudah masyarakat dalam mengetahui informasi yang berkaitan dengan PKB dan sekaligus dapat melakukan pembayaran PKB, PNBP, dan juga SWDKLLJ melalui aplikasi Sipolin pada smartphone berbasis android.

Dengan aplikasi Sipolin membantu melakukan pengecekan PKB, melakukan pendaftaran online Wajib Pajak, pembayaran PKB tahunan secara online (melalui sms banking dan mobile banking), dan membantu mencari lokasi kantor-kantor Samsat terdekat.
  • T-SAMSAT
Tabungan Samsat atau T-Samsat merupakan inovasi layanan pembayaran PKB, PNBP, dan SWDKLLJ dengan cara diangsur melalui tabungan bank bjb. Dengan menggunakan T-Samsat maka masyarakat diuntungkan yakni tidak akan lupa/terlambat membayar pajak kendaraan karena menggunakan sistem autodebet. Ringan membayar pajak kendaraan karena dapat diangsur setiap bulan.
  • SAMSAT KELILING (SAMKEL)
Layanan ini merupakan inovasi pelayanan pembayaran PKB, PNBP, SWDKLLJ dan pengesahan STNK yang dilakukan di dalam kendaraan dengan metode jemput bola yang mendatangi pemilik kendaraan yang berada jauh dari pusat pelayanan samsat. Jumlah Mobil Samsat Keliling yang saat ini dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat adalah 48 unit. //zhovena