-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pemerintah Kota Bandung Berhasil Lestarikan Jalan Braga

60menit.com
Selasa, 17 Oktober 2017



 BANDUNG, 60MENIT.COM - (Selasa, 17-10-2017) Jalan Braga Bandung ; Adalah nama sebuah jalan utama di kota Bandung, Indonesia. Nama jalan ini cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda. Sampai saat ini nama jalan tersebut tetap dipertahankan sebagai salah satu maskot dan salah satu obyek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Parijs van Java (Sumber: Wikipedia).

Tempat Wisata Jalan Braga di kota Bandung berkonsep One Stop Holiday di pusat Kota Bandung ini merupakan pusat keramaian dan bisnis utama di kota Bandung.sejak zaman pendudukan Belanda di indonesia atau pada ,zaman kolonials,Jalan Braga Bandung sudah dijadikan sebagai jalanan protokoler di kota Bandung,sebagai terusan jalan utama dari arah Gedung Konferensi Asia Afrika.

Di sisi kanan kiri sepanjang Jalan Braga Bandung terdapat banyak kompleks pertokoan yang memiliki arsitektur dan tata kota yang tetap mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda. Tata letak pertokoan tersebut mengikuti model yang ada di Eropa sesuai dengan perkembangan kota Bandung pada masa itu (1920-1940-an) sebagai kota mode yang cukup termasyhur seperti halnya kota Paris pada saat itu,seperti pertokoan Sarinah,Apotik Kimia Farma dan Gedung tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika Gedung Merdeka ( Societeit Concordia ).

Jalan Braga Bandung

Awalnya Jalan Braga adalah sebuah jalan kecil di depan pemukiman yang cukup sunyi sehingga dinamakan Jalan Culik karena cukup rawan, juga dikenal sebagai Jalan Pedati (Pedatiweg) pada tahun 1900-an. Jalan Braga Bandung menjadi ramai karena banyak usahawan-usahawan terutama berkebangsaan Belanda mendirikan toko-toko, bar dan tempat hiburan di kawasan itu seperti toko Onderling Belang.

Kemudian pada dasawarsa 1920-1930-an di sepanjang Jalan Braga Bandung muncul toko-toko dan butik (boutique) pakaian yang mengambil model di kota Paris, Perancis yang saat itu merupakan kiblat model pakaian di dunia. Dibangunnya gedung Societeit Concordia yang digunakan untuk pertemuan para warga Bandung khususnya kalangan tuan-tuan hartawan, Hotel Savoy Homann, gedung perkantoran dan lain-lain di beberapa blok di sekitar jalan braga bandung ini juga meningkatkan kemasyhuran dan keramaian jalan ini.

Perkembangan yang sedemikian rupa tempat wisata di Jalan Braga Bandung waktu itu ternyata memunculkan juga ekses negatif-nya,hal itu dimulai dan ditandai munculnya hiburan-hiburan malam dan kawasan lampu merah (kawasan remang-remang) di kawasan ini yang membuat Jalan Braga Bandung sangat dikenal turis. Dari sinilah istilah kota Bandung sebagai “ Kota Kembang ” mulai dikenal. Sehingga perhimpunan masyarakat warga Bandung saat itu membuat selebaran dan pengumuman agar “Para Tuan-tuan Turis sebaiknya tidak mengunjungi Bandung apabila tidak membawa istri atau meninggalkan istri di rumah”.


Braga City Walk adalah Jalan Braga Bandung Terkini.

Apabila anda tadi sudah dikenalkan dengan sejarah dan latar belakang bagaimana awal kepopuleran salah satu nama Jalan paling populer di kota Bandung yang memiliki panjang kurang lebih 700 meter ini,dimana sekarang kita tahu,bahwa tempat inilah yang pertama kali meunculkan istilah nama Bandung ” kota Kembang “.

Jalan Braga Bandung sekarang dengan dahulu jelas berbeda tapi tetap sama.Berbedanya adalah infrastruktur bangunan serta kehidupan masyarakatnya sekarang berada di zaman modern,dan sama nya adalah suasana tempat dan sejarah yang selalu melekat dengan tempat ini,sebagai pusat mode dan tempat ekslusif bagi tempat wisata di kota Bandung.

Braga City Walk

Adalah Braga City Walk,sebuah kawasan terpadu atau biasa dengan sebutan istilah One Stop Holiday merupakan citra dari Jalan Braga Bandung sekarang.Braga City Walk sebuah kawasan yang berkonsep gabungan dari beberapa pusat keramaian seperti Shopping Mall Bandung, Kondominium, maupun Bandung Hotel. Di sekitar Braga City Walk sendiri banyak terdapat bangunan kuno yang kerap dijadikan sebagai backgorund berfoto-foto, terutama bagi mereka yang datang ke Bandung dan ingin mengabadikan momen-momen penting.

Tempat Wisata Braga City Nite Di Bandung

Kawasan Jalan Braga Bandung ini,merupakan suatu kawasan hiburan dan tempat perbelanjaan yang menjadi favorit pengunjungnya. Biasanya kondisi Braga City akan tampak sangat ramai ketika akhir pekan atau liburan anak sekolah. Akan terlihat muda-mudi Bandung yang berlalu-lalang yang nampak sangat menikmati suasana di Braga City Walk ini. Jika Anda berkunjung maka dipastikan akan ikut larut dalam suasana yang ramai namun tetap santai.

Cinema XXI Di Jlan Braga

Salah satu tempat Wisata yang menjadi pusat lokasi hiburan di Jalan Braga Bandung yakni Cinema XXI Braga, dimana Anda dan banyak orang lainnya biasa menyaksikan aneka film pilihan. Didalamnya juga terdapat beberapa foodcourt, D’Cost dan beberapa tempat fashion lainnya. Braga City Walk semakin dilengkapi dengan hotel dimana Anda bisa menginap didalamnya sehingga mudah mengakses Braga City maupun lokasi lainnya yang masih berdekatan.

Tempat Wisata Di Bandung Jalan Braga City Walk

Di Sekitar Jalan Jalan Braga Bandung ini pula, anda bisa mengunjungi lokasi wisata yang tak kalah menariknya karena dengan berjalan kaki pun anda bisa menjangkaunya sambil menikmati kota bandung.Di sekitar kawasan Jalan Braga terdapat pula tempat – tempat menarik lainnya untuk di kunjungi seperti Gedung Merdeka Bandung, Alun-alun kota Bandung, Mesjid Agung Bandung, dan tempat – tempat asik lainnya. (Zhovena).