-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pemkot Bandung Sosialisasikan Website Baru

60menit.com
Sabtu, 18 November 2017


60MENIT.COInovasilam -  Kota Bandung dihadirkan dengan sentuhan teknologi. Terutama dalam memberikan keterbukaan terhadap informasi dan aksea terhadap program pemerintah. Masalahnya, pemerintah kota tinggal perlu mensosialisasikan kepada masyarakat agar manfaatnya bisa terasa.

Kepala Subbagian Bina Potensi dan Daya Saing Bagian Ekonomi Setda Kota Bandung M. Taufik Hidayat mengemukakan dua website pemerintah yang punya manfaat langsung ke masyarakat, yakni tjsl.bandung.go.id dan wub.bandung.go.id.

Website TJSL atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan merupakan portal yang mempertemukan perusahan dan masyarakat yang membutuhkan dana CSR. Di website itu, perusahaan memberikan informasi keberadaan CSR perusahaannya. Warga pun bisa mengajukan proposal melalui web yang sama.

"Karena tidak semua pembangunan bisa diakomodasi dengan dana APBD. Jadi kita sediakan fasilitas itu untuk pengadaan dana lain di luar APBD," tutur Taufik dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Kamis (26/10/2017).

Ia menambahkan, web tersebut sebetulnya sudah berjalan sejak dua tahun yang lalu. Hanya saja, pasca perubahan SOTK Kota Bandung, pemerintah kota harus merestrukturisasi SDM sehingga ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan.

Website kedua, wub.bandung.go.id, adalah portal untuk menjaring para pengusaha baru di Kota Bandung. WUB adalah singkatan dari Wira-Usaha Baru. Di dalamnya terdapat informasi berbagai pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh lima SKPD di Kota Bandung.

Kelima SKPD tersebut adalah Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, Dinas Pangan dan Pertanian, serta Dinas Tenaga Kerja.

"Selain bisa dapat informasi pelatihan, warga juga bisa langsung daftar di website itu. Tinggal pilih ingin ikut pelatihan apa, waktunya kapan, bisa langsung daftar," ujar Taufik.

Website WUB baru akan diluncurkan oleh pemerintah kota dalam waktu dekat. Taufik mengatakan, belum ada tanggal pasti kapan peluncuran akan dilakukan.

"Peluncurannya akan berbarengan dengan pengukuhan Forum Pengembangan Kewirausahaan Kota Bandung, kita tinggal tunggu jadwal dari wali kota," terangnya.

Forum Pengembangan Kewirausahaan Kota Bandung ini adalah wadah yang melibatkan lima stakeholder percepatan pengembangan kewirausahaan. Lima stakeholder itu antara lain pemerintah, akademisi, komunitas, media, dan sektor swasta.