-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pilkada Jatim - Gerindra Harap Duet Dengan PAN Untuk Usung Moreno

60menit.com
Minggu, 24 Desember 2017



JAKARTA, 60MENIT.COM - Partai Gerindra melobi Partai Amanat Nasional untuk menambah kekuatan dalam mengusung kadernya,Moreno Suprapto di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Gerindra berharap bisa memasangkan Moreno dengan kader PAN yang juga Bupati Bojonegoro, Suyoto.

"Kita harap Bupati Bojonegoro yang jadi wakil gubernur," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad kepada Kompas.com, Sabtu (23/12/2017).

Partai Gerindra saat ini memiliki 13 kursi DPRD Jatim. Sementara PAN mempunyai 7 kursi.

Apabila berkoalisi, kedua partai ini mengantongi 20 kursi, pas dengan syarat minimum untuk mengusung pasangan calon dalam Pilgub. Dasco mengatakan, komunikasi intensif antara Partai Gerindra dan PAN saat ini terus dilakukan.

Dihubungi terpisah, Ketua DPP PAN Yandri Susanto membenarkan bahwa ada kemungkinan untuk menduetkan Moreno dan Suyoto. Semuanya akan tergantung dengan komunikasi lanjutan dan dinamika politik yang terjadi di Jawa Timur.

"Komunikasi PAN-Gerindra untuk pilgub Jatim sangat baik," kata dia.

Dasco memastikan bahwa Moreno sudah mengantongi restu dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk mencalonkan diri sebagai cagub Jatim.

Dasco mengatakan, Moreno adalah mantan pebalap dengan prestasi cemerlang, baik di tingkat nasional maupun internasional. Moreno adalah sosok ideal generasi milenial Indonesia.

Selama di DPR, dia banyak memberi kontribusi untuk perumusan kebijakan-kebijakan fraksi yang senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat.

"Selain itu, Moreno juga memiliki akar yang kuat di Jawa Timur karena keluarga besar ayahnya memang asli Jawa Timur," kata Dasco.

Pada Pemilu 2014 lalu, kata Dasco, Moreno yang baru pertama kali ikut kontestasi langsung terpilih karena memperoleh suara yang sangat signifikan, yaitu lebih dari 52.000 suara di Daerah Pemilihan Jawa Timur V.

"Mesin partai kami muai dari DPD hingga ranting akan bekerja all out memenangkan Moreno," ucap Dasco.

Sebelum Moreno, Gerindra memilih La Nyalla Mattalitti untuk diusung di Pilkada Jatim 2017. Namun, hingga batas waktu yang ditentukan, La Nyalla gagal menggaet partai koalisi lain.(**)