-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Himpunan Pedagang Ayam Potong Kota Bandung Beraksi Naikan Harga Daging Ayam

60menit.com
Jumat, 19 Januari 2018


BANDUNG, 60MENIT.COM - Harga daging ayam di seluruh pasar kota Bandung dan sekitarnya melonjak naik. Hal ini disayangkan para pembeli dan penjual daging ayam yang bisa berdampak pada kerugian usahanya.

Apalagi diduga adanya surat edaran Nomor : OO1/SE/PESAT/l/2018 dari Perhimpunan Pedagang Warung Tradiaional Jabar berdasarkan hasil musyawarah pengurus dan para bandar serta pedagang daging ayam pada hari Selasa 16 Januari 2018 yang mengajak para peternak, bandar, pemotong dan super market melakukan aksi demo.

Ajakan aksi ini dimulai jumat tanggal 19 Januari 2018 pukul 05.00 sampai dengan hari Minggu. tanggal 21 Januari 2018 Pukul 18.00. Rencananya akan dilaksanakan Pemogokan Produksi dan Berjualan Daging Ayam yang berlaku untuk seluruh Bandung Raya (Kota Bandung. Kota Clmahi.Kab.Bandung serta Kab.Bandung Barat).

Dalam surat edaran tersebut ditekankan juga kepada seluruh instansi terkait diatas agar melaksanakan pemberhentian usaha jual daging ayam. Bahkan surat edaran tersebut mengancam bagi yang tidak melaksanakannya akan dikenakan sangsi sosial dari seluruh pelaku usaha daging ayam.

Sementara itu, di sisi lain. Kamis malam, (18/01/2018) di pasar tradisional Kiaracondong Bandung, sebut saja Maman, tidak begitu menanggapinya. Pasalnya kata Maman dirinya akan tetap berjualan daging ayam kalaupun jumlahnya tidak besar seperti biasa.

Sedangkan Dian pembeli daging ayam asal Cidurian Bandung kecewa dengan harga daging ayam sampai Rp 38.000/kg dan untuk daging ayam  jenis pilet bagian dada ada yang menjual sampai Rp 55.000/kg.

"Harga daging ayam sekarang sangat berpengaruh pada jualan ayam gepreknya, yang dijual Rp 13.000/porsi dengan harga standar ayam di bawah Rp 32.000/kg", keluh Dian. (Jajat S)