-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Ini Solusi dari Pasangan ASYIK Tentang Sungai Citarum

60menit.com
Senin, 26 Februari 2018



BANDUNG, 60MENIT.COM – Ada tiga hal yang akan dilakukan oleh pasangan Sudrajat Ahmad Syaikhu (Asyik) bila mendapat kepercayaan dari warga untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Jawaban tersebut di atas, diungkap Syaikhu saat ditanya warga masyarakat terkait permasalahan Citarum yang konon saat ini tengah jadi pusat perhatian dunia karena sungai terpanjang di Indonesia itu penuh sampah, limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), sedimen lumpur dan longsor.

Hal yang pertama akan dilakukan pasangan Asyik menurut Syaikhu adalah menormalisasi sungai Citarum, serta mengoptimalkan pembuatan tanggul di sisi sungai tersebut.

"Karena Citarum ini ada keterkaitan dengan pemerintah pusat, maka kita akan bekerjasama untuk normalisasi dan pembuatan tanggul tersebut," ujarnya sebagaimana rilis yang diterima Swamedium.com, Jumat (23/2) lalu.

Yang kedua non struktur, yaitu membuat kebijakan-kebijakan untuk mengurangi beban air yang mengalir ke Citarum, salah satunya dengan membuat sumur resapan di masing-masing rumah masyarakat, sehingga air limbah rumah tangga, air dari genteng masuk kedalam sumur resapan tersebut, tidak mengalir ke sungai.

Demikian pula dengan perusahaan-perusahaan di Jawa Barat, harus mempunyai sumur-sumur resapan, selain water threatment untuk pengolahan limbah.

"Jika mereka melanggar harus ada law enforcement (penegakan hukum) terhadap perusahaan-perusahaan tersebut," tegasnya.

Yang ketiga kultural, yaitu bagaimana Pemprov, Pemkot dan Pemkab mengajarkan kepada masyarakat tentang pentingnya aliran sungai Citarum tersebut, serta menertibkan dan membudayakan buang sampah pada tempatnya.

"Jika 3 hal ini efektif secara bersama-sama dilaksanakan, insha Allah kami optimis Citarum akan tertata dengan baik," pungkasnya (Zhove - JCH)