-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pangdam III/Siliwangi : Tekad dan Impian Untuk Menciptakan Lingkungan Yang Bersih

60menit.com
Senin, 26 Maret 2018



Kab. Bandung, 60Menit.com - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan bersama Mayjen TNI Doni Monardo kunjungi Situ Cisanti di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, kemaren Minggu (25/3).

Media mewawancarai Pangdam III/Siliwangi yang baru diawal masa jabatannya setelah dilaksanakan serah terima dihadapan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono di Jakarta.

Terkait dengan Citarum Pangdam III/Siliwangi mengatakan," kegiatan program Citarum yang sudah ditayangkan oleh Presiden melalui Pangdam III/Siliwangi ini tetap lanjut dan berkelanjutan".
" Apa yang sudah dilakukan saat ini sudah bagus dengan penyertaan peran serta seluruh lapisan masyarakat maupun instansi yang memiliki kontribusi terkait masalah lingkungan".

Selain itu, " terkait masalah air dan peran serta masyarakat serta Perguruan Tinggi semuanya sudah bahu membahu dengan satu kekuatan dengan tekad impian kita kedepan menciptakan wilayah lingkungan yang bersih, tertib dan ramah ", jelasnya.

Selanjutnya Pangdam menyampaikan filosopi menanam adalah mari kita menanam satu untuk semua, untuk saat ini kita sudah menanam banyak untuk generasi 1, 2 dan 3 generasi kedepan.
Konsep - konsep yang sudah dilakukan sudah berjalan dengan baik melalui pembersihan sampah, kesadaran masyarakat buang sampah sudah bagus langkah selanjutnya bagaimana menetralisir air akibat dampak dari bahan atau limbah kimia.

" Dengan adanya Keppres No. 15 Tahun 2018 yang sudah diturunkan memberikan satu dasar hukum terutama bagi para pelaku - pelaku industri yang ada disepanjang Sungai Citarum untuk mempertanggung jawabkan limbah dari hasil industrinya terkait limbah yang dibuang sembarangan, apakah limbah itu belum mencapai titik baku kelayakan, tuturnya.

Kegiatan selanjutnya Pangdam III/Siliwangi, Danrem 063/TN dan Bupati Kabupaten Bandung  menabur 1 kwintal benih ikan mas, ikan nila dan ikan mujair ke perairan Situ Cisanti kemudian dilanjutkan dengan meninjau lokasi pembibitan pohon. (Pendam III/Siliwangi). (*)