-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Balai Pelestarian Nilai Budaya' (BPNB) Jawa Barat Turut SEMARAKKAN HARDIKNAS 2018

60menit.com
Rabu, 25 April 2018



BANDUNG 60MENIT.COM- Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 digelar meriah dengan menampilkan hasil karya dan beragam potensi produk pendidikan. 

"Hal itu diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia," ujar Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemedikbud Dr. Sutanto, S.H., M.A. saat membuka secara resmi peringatan Semarak Hardiknas 2018 di gedung Bale Pancaniti Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (PPPPTK BMTI) Jalan Pesantren Kota Cimahi, Selasa (24/4/2018). 


“Kita ingin menampilkan seluruh hasil yang telah dilakukan baik di unit pelaksana teknis, maupun sekolah, hingga masyarakat. Ini sebagai upaya bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan," ungkapnya.


Hardiknas tiap tahun diperingati sebagai upaya mengenang jasa Ki Hajar Dewantara yang merupakan tokoh pendidikan Indonesia pada masa pergerakan tiap 2 Mei. 


Tahun ini Peringatan Hadiknas dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, digelar serentak di 34 Provinsi pada 21-27 April 2018, dilaksanakan atas kerja sama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud dan didukung para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan di masing-masing daerah.


Sutantopun menilai, karya yang diciptakan para pelajar Indonesi menunjukkan potensi sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, Sekolah harus meningkatkan pelatihan, sebab  kalau tidak digali tidak akan kelihatan potensinya.

"Hasil karya dunia pendidikan butuh banyak dipromosikan. Kita juga butuh pencitraan untuk mempromosikan hasil karya siswa. Agar mengangkat kesuksesan dan citra positif  bangsa Indonesia," akunya.
Disisi lain dalam stand pameran pada acara semarak hari pendidikan nasional 2018 nampak stand dari Balai Pelestarian Nilai Budaya ( BPNB)  Jawa Barat, yang memamerkan berbagai kerajinan dan beberapa produk buku yang ada kaitan nya dengan nilai nilai budaya Ayi Syarip S , SOS , pada kesempatan ini menjelas kan “ Kami di sini turut mengisi acara beberapa tari kesenian daerah yang penari nya adalah dari sekolah binaan kami  serta membuka stand pameran yang beberapa produk nya adalah dari berbagai daerah di Jawa Barat “  ujar nya Ayi Syarip S , SOS , kepada 60menit.com di sela sela kesibukan melayani pengunjung stand .


Lebih lanjut Ayi mengatakan  “Disini turut  hadir pula  Bapak Agus Setiabudi,  selaku kepala Subbag Tata Usaha BPNB Jawa Barat  yang pada kesempatan ini mewakili Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya ( BPNB) di bawah  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ” kata ayi  
Hal senada juga dikata kan oleh Ali selaku peneliti “ Balai Pelestarian Nilai Budaya ( BPNB) adala  sebagai pengembangan , pelestarian dan pemanfatan tentang budaya maka kami berusaha untuk memperkenal kan beberapa nilai nilai budaya , dan pada saat ini kami di minta untuk berpartisipasi di kegiatanHARDIKNAS ini “ Pungkas nya  ( Wahyu )