-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Khasiat Buah Zaitun

60menit.com
Senin, 29 April 2013

Pohon zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kencantikan tubuh. Tidak hanya buahnya saja tapi juga daun dari pohon zaitun dapat di manfaatkan untuk pengobatan. Pohon zaitun ini diketahui berasal dari pulau Kreta, yang masuk dalam wilayah Yunani.

Oleh karena itu sudah sejak lama masyarakat Yunani kuno menggunakan daun zaitun sebagai obat pembasuh luka. Selain itu daun zaitun juga dipakai sebagai obat untuk kandung kemih, dan riset menunjukan daun zaitun memiliki kemampuan membantu penurunan kadar gula darah sebagaimana juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Daun tersebut juga mengandung zat anti-mikroba dan sangat efektif memerangi sejumlah jamur, virus dan bakteri.

Sementara minyak zaitun yang diperoleh dari ekstrasi buahnya, berfungsi melindungi sistem pencernaan. Jika minyak ini dioleskan pada bagian permukaan kulit bisa melembabkan, melembutkan dan menjaga elastisitas kulit. Minyak ini juga berfungsi sebagai penghantar bagi minyak-minyak lainnya. Apabila dipakai sebagai minyak goreng atau suplemen makanan, minyak zaitun dapat menjaga jantung dan pembuluh arteri tetap lentur. Mengkonsumsi minya zaitun secara teratur terbukti menghindari penimbunan kolesterol di pembuluh arteri.

Minyak zaitun juga dapat berfungsi mengendalikan kadar lemak dalam darah. Mengkonsumsi satu sendok minyak zaitun yang dicampurkan dengan segelas jus jeruk sekali setiap hari, diketahui dapat mengobati batu empedu.