-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Desa Kondang Jaya Kab.Karawang Dinilai Tim Provinsi

60menit.com
Rabu, 07 Mei 2014

http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8808.jpg

KARAWANG - Sekda Teddy Rusfendi mewakili bupati, Selasa (6/5) menerima kunjungan Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat, bertempat di Halaman Kantor Desa Kondang Jaya Kecamatan Karawang Timur.

Dalam sambutan bupati yang dibacakan Sekda Teddy Rusfendi, bupati menyatakan selamat datang serta mengungkapkan bahwa pelaksanaan lomba desa mempunyai berbagai keuntungan, yaitu, kita mengetahui berbagai kekurangan yang ditemui dilapangan serta sejauhmana keberhasilan yang telah dicapai.

Pemerintah Kabupaten Karawang selama ini telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan pembangunan masyarakat Desa yang dapat menunjang akselerasi pencapaian target yang meliputi : Tingkat Perkembangan Pendidikan Masyarakat, Tingkat Kesehatan Masyarakat,Tingkat Perkembangan Ekonomi Dan Kerakyatan, Tingkat Keamanan Dan Ketertiban, Tingkat Partisipasi Masyarakat, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Lembaga Kemasyarakatan, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua rombongan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Jawa Barat,  Drs.Piping menyampaikan, tujuan diadakannya Lomba Desa ini untuk mengevaluasi secara menyeluruh dan terpadu kegiatan pembangunan desa baik yang bersumber dari keuangan pemerintah maupun swadaya masyarakat dalam rangka memotivasi dan mengapresiasi budaya gotong royong, "imbuhnya.

Selain itu, kegiatan Lomba Desa ini juga merupakan perubahan paradigma dari membangun Desa kepada Desa membangun. Dimana, paradigma Desa membangun adalah mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Syumber Daya Alam (SDA) untuk membangun desanya, secara swadaya sedangkan pemerintah berfungsi mengarahkan. Penilaian Lomba Desa lebih dititik beratkan pada kinerja aparat dan masyarakat dalam membangun Desa.

Lebih lanjut Piping mengatakan bahwa kami sangat apresiatif atas sambutan pelaksanaan ini dan kami menghimbau kepada Kades beserta jajarannya juga semua masyarakat, agar dipersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pembangunan secara komprhenshif. Pungkasnya.

Tim Penilai Lomba Desa dan kelurahan terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, unsur PKK dan Unsur BPMD Propinsi Jabar. Adapun unsur yang dinilai dalam lomba desa dan kelurahan ini adalah pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat, PKK, ekonomi kerakyatan, keamanan dan trantib serta produk unggulan Desa/Kelurahan".

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan ekspose dari Kepala Desa Kondang Jaya H.Dadang, Exspose Camat Kecamatan Karawang Timur. (Ly/Jbr)