SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Saturday, April 11, 2015

4 Poin Ini harus Dimiliki Wartawan Muslim

WARTAWAN Muslim, dia sejatinya adalah pelanjut risalah nabi, dalam mencari, menulis dan menyebarkan informasi dan tulisan yang bernilai kebaikan dan kebenaran kepada publik. Dalam hal ini melalui media massa, baik cetak (koran, majalah, bulletin, jurnal), elektronik (radio, televisi) maupun online (streaming, website, blog).

Wartawan Muslim disebut juga sebagai juru dakwah yang menebarkan kebenaran ilahi. Ia bagaikan penyambung lidah para nabi. Karena itu ia pun dituntut memiliki sifat-sifat kenabian, yaitu Shiddiq, Tabligh, Amanah,dan Fathonah (disingkat STAF).

Secara ringkas keempat sifat itu adalah:

1. SHIDDIQ
Artinya jujur dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan. Dalam konteks jurnalistik, shiddiq adalah menginformasikan sesuatu yang benar dan membela serta menegakkan kebenaran itu dengan jiwa pemberani dan penuhtawakkalkepada Allah. Standar kebenarannya tentu saja adalah ajaran Islam yang bersumber dai Al-Qur'an dan As-Sunnah.

2. TABLIGH
Artinya menyampaikan, yakni menginformasikan kebenaran apa adanya, bukan malah memutarbalikkan kebenaran atau mencampuradukkan yang haq (benar) dengan yang bathil (salah).

3. AMANAH
Artinya terpercaya, dapat dipercaya, karenanya tidak boleh berdusta, merekayasa, memanipulasi atau mendistorsi fakta menjadi berita. Amanah juga bermakna melaksanakan tugas dan kewajiban yang dibebankan di pundaknya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas karena Allah semata.

Amanah juga bermakna kehormatan. jadi kalau seseorang diberi amanah oleh pemimpin redaksi misalnya untuk melakukan liputan, pada dasarnya ia sedang diberi kehormatan. Maka, kalau ia tidak melaksanakan amanah tersebut atau menyepelekannya, tidak masksimal, itu sama saj ia sedang melucuti kehormatan dirinya.

4. FATHANAH
Artinya cerdas dan berwawasan luas. Karena itu, wartawan Muslim dituntut mampu menganalisis dan membaca situasi, termasuk membaca apa yang diperlukan umat dengan meneladani kecerdasan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Mi'raj Islamic News Agency (MINA)